Reses, DPRD Metro Terima Aspirasi Tertulis

Tanggal 05 Feb 2022 - Laporan Opie/rio - 452 Views
Sekretaris Komisi I DPRD Kota Metro Amrulloh melaksanakan reses di Kantor DPC Partai Demokrat setempat

MOMENTUM, Metro--Menyerap aspirasi masyarakat menjadi salah satu tugas utama anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). Kegiatan reses menjadi sarana para anggota DPRD untuk menyerap aspirasi masyarakat.

Penyerapan aspirasi melalui agenda reses tidak hanya dilakukan secara langsung. Namun, juga bisa disampaikan masyarakat secara tertulis  kepada anggota DPRD yang melaksanakan agenda reses. 

Aspirasi secara tertulis itu disampaikan masyarakat Kota Metro kepada Sekretaris Komisi I DPRD Kota Metro Amrulloh saat melaksanakan reses di  Kantor DPC Partai Demokrat Kota Metro, yang berlokasi di Kelurahan Yosodadi, Kecamatan Metro Timur.

“Usulan dari masyarakat kaitan dengan rencana pembangunan dalam bentuk tertulis. Nanti akan kami kumpulkan jadi satu. Baru akan terlihat point-point aspirasi dari masyarakat tersebut,” kata Amrulloh, Jumat (4-2-2022).

Menurut dai,penyampaian aspirasi secara tertulis tersebut sejalan dengan fungsi agenda reses. 

“Anggota dewan melakukan reses untuk menampung aspirasi masyarakat. Lalu, kemudian nanti bisa diusulkan pada saat musrenbang kota melalui pokok pikiran (Pokir) anggota DPRD,” terangnya. 

Hal senada disampaikan Sekretaris Daerah Kota Metro Bangkit Haryo Utomo yang hadir pada reses itu. Menurut dia,  kegiatan reses merupakan salah satu sistem perencanaan pembangunan jangka mendatang. 

“Kebetulan hari ini saya mendapat tugas untuk menghadiri reses anggota DPRD di Yosodadi, bersama Dinas PU dan Dinas PKP untuk mendengar aspirasi dari masyarakat,” ucapnya.

Dia mengungkap, beberapa aspirasi yang disampaikan masyarakat dalam agenda reses itu, antara lain terkait: pembangunan infrastruktur jalan dan drainase.

"Ada jalan tanah yang perlu dilakukan peningkatan onderlagh. Ada onderlah belum ditingkatkan penetrasi. Jadi, itu mereka masih mengusulkan untuk tahun mendatang,” ungkapnya.

Dia menyebut, aspirasi pembangunan yang disampaikan melalui agenda reses tahun ini, akan ditindaklanjuti pada tahun 2023 mendatang.

“Kita di anggaran perubahan belum dapat memastikan tercukupi atau tidak untuk pembangunan yang diusulkan. Tadi sudah kami sampaikan hasil reses ini untuk direalisasikan pada tahun 2023 mendatang sama seperti musrenbang yang sedang berlangsung,” jelasnya. (**)

Editor: Munizar


Comment

Berita Terkait


Lepas Kirab Marching Band, Gubernur: Berkreas ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Gubernur Lampung Dr (HC) Ir. Arinal Djun ...


Galang Dukungan Persiapan Pemekaran Kabupaten ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Panitia Persiapan Pemekaran Daerah Otono ...


Pringsewu Mulai Terapkan TP2DD ...

MOMENTUM, Pringsewu--Pemerintahan Kabupaten Pringsewu mulai mener ...


Lomba Desa, Dua Pekon Siap Wakili Pringsewu d ...

MOMENTUM, Gadingrejo--Pekon (Desa) Bulurejo, Kecamatan Gadingrejo ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com