Sukses DBON Perlu Kontrol Wartawan

Tanggal 08 Feb 2022 - Laporan - 673 Views
Staf khusus Kemenpora Mahfudin Nigara menyosialisasikan DBON dalam Rakernas SIWO-PWI di Kota Kendari

MOMENTUM, Kendari--Wartawan punya peran penting dalam mengontrol sekaligus menyukseskan pelaksanaan Desain Besar Olahraga Nasional atau DBON.

Staf khusus Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Mahfudin Nigara mengatakan, sebagai kebijakan jangka panjang pembinaan olahraga nasional,  salah satu misi DBON adalah mencetak atlet berprestasi dunia melalui proses pembinaan atlet jangka panjang.

"Wartawan olahraga harus hadir sebagai alat kontrol mendukung kelancaran pelaksanan misi-misi DBON untuk mencapai visi Indonesia Bugar, Berkarakter Unggul, dan Berprestasi Dunia," Nigara pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) Pesartaun Wartawan Indonesia (PWI). Rakernas tersebut berlangsung di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Senin 7 Februari 2022.

Kehadiran M Nigara dalam rakernas tersebut, bagian dari  sosiaslisasi DBON, kepada para wartawan olahraga. Sosialisasi DBON memang menjadi salah satu rangkaian agenda peringatan HPN tahun 2022 di Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara.

Menurut Nigara, upaya membangkitan prestasi olahraga nasional melalui DBON, perlu dukungan dan peran aktif seluruh elemen bangsa. Terutama para wartawan olahraga.

“Dalam DBON ini peran wartawan olahraga sangat dibutuhkan sebagai kontrol. Karena itu, wartawan harus paham terkait cabang-cabang olahraga yang menjadi priorotas utama pelaksanaan misi DBON," terangnya.

Karena itu, keberadaan SIWO-PWI penting untuk menyatukan visi, sekaligus memotivasi para wartawan olahraga mendukung suksesnya visi besar DBON.

DBON, lanjut Nigara, diibaratkan sebagai pabrik. Pabrik yang akan mencetak atlet-atlet berprestasi untuk mengharumkan nama daerah dan bangsa di kancah internasional.

“Selama ini peran wartawan terhadap olahraga hanya biasa-biasa saja. Selama ini SIWO hanya sebagai penonton. Normatif menilai dan memberitakan atlet maupun cabang olahraga, tapi tanpa berpikir bagaimana ikut mencetak atlet," ungkapnya.

Dengan adanya DBON wartawan bisa lebih banyak  terlibat dalam mencetak atlet-atlet berprestasi. Meski demikian perlu komitmen

untuk menguatkan peran wartawan dalam pelaksanaan misi DBON. Terkait hal tersebut Kemenpora dan PWI akan menandatangani nota kesepahaman kerjasama.

Penandatangan nota kesepahaman akan dilakukan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali dan Ketua Umum PWI Pusat pada kegiatan Diskusi DBON di Hotel Plazainn, Kota Kendari, Selasa 8 Februari 2022. (**)

Editor: Munizar


Comment

Berita Terkait


Olahraga Pringsewu, Pj Bupati: Sarana Sederha ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Penjabat Bupati Pringsewu Marindo Kurniawa ...


Besok, KONI Pringsewu Rapat Kerja Bahas Tiga ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Komiter Olahraga Nasional (KONI) Kabupaten ...


Gita Kurniawan Pimpin PODSI Lampung ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Gita Kurniawan terpilih sebagai Ketua Pe ...


Rahmat Mirzani Ajak Warga Nobar Semifinal AFC ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Anggota DPRD Provinsi Lampung, Rahmat Mi ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com