Airlangga Hartarto Apresiasi Pengembangan Padi Gogo

Tanggal 12 Feb 2022 - Laporan Solihin - 630 Views
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto

MOMENTUM, Panaragan--Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengapresiasi Kelompok Usaha Bakri Grup yang telah mengembangkan padi gogo melalui PT Huma Indah Mekar (HIM).

Berbagai provinsi di Indonesia telah melakukan budidaya Padi Gogo, salah satunya adalah Provinsi Lampung. Sebagai Provinsi yang termasuk dalam urutan ke lima produsen padi nasional, adanya budidaya Padi Gogo mendorong peningkatan jumlah produksi padi dan ketersediaan pangan di wilayah tersebut.

“Kami mengapresiasi panen perdana Padi Gogo ini yang tentunya menggunakan sentuhan teknologi dan uji coba. Padi Gogo diharapkan dapat terus memberikan hasil yang positif," kata Airlangga saat panden perdana padi gogo di Tulangbawang Barat, Sabtu (12-2-2022)

Berdasarkan rilis data dari Badan Pusat Statistik, produksi padi Provinsi Lampung pada tahun 2021 tercatat sebesar 2.472.587 ton Gabah Kering Giling (GKG). Lampung menyumbanh sebesar 4,47 persen terhadap produksi nasional yang mencapai 55.269.619 ton.

Airlangga pun mendorong pemerintah daerah dan seluruh lapisan masyarakat untuk membangun pertanian dari hulu hingga hilir yang lebih berdaya saing dengan produktivitas tinggi. 

Selain itu juga dengan menggunakan benih unggul dan pengaplikasian mekanisasi pertanian sehingga mampu swasembada pangan dan berkontribusi positif bagi perekonomian nasional.

“Indonesia sebetulnya dalam 3 tahun terakhir kita tidak pernah impor beras, jadi sebenarnya kita dalam 3 tahun terakhir swasembada beras," terangnya.

Terlebih, dia meyakini stok beras Indonesia relatif aman. Sebab, akan masuk musim panen yang bisa mendapatkan 14 sampai 15 juta ton. 

"Kita juga sudah mendapat permintaan negara lain untuk ekspor beras dari Indonesia,” tuturnya. (**)

Editor: Agung Darma Wijaya


Comment

Berita Terkait


Investasi Jadi Kunci Tingkatkan Pertumbuhan E ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Investasi menjadi salah satu faktor dan ...


Jabatan Pj Bupati Mesuji dan Tubaba Berakhir ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Masa jabatan Penjabat (Pj) Bupati Mesuji ...


Pringsewu Wakili Lampung Pawai Kendaraan Hias ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Kabupaten Pringsewu mewakili Provinsi Lamp ...


Walikota Metro Evaluasi Program Kerja OPD ...

MOMENTUM, Metro--Walikota Metro, Wahdi Siradjuddin mengevaluasi p ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com