Sejak Januari, Positif Covid-19 di Lambar Bertambah 66 Orang

Tanggal 17 Feb 2022 - Laporan Sulemy - 717 Views
Ilustrasi/ist

MOMENTUM, Liwa--Kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Lampung Barat (Lambar) kembali melonjak. Berdasarkan data dinas kesehatan setempat, selama dua bulan terakhir: Januari hingga pertengahan Februari 2022 terjadi 66 kasus positif covid-19 yang tersebar di sejumlah kecamatan.

Ketua Bidang Komunikasi Publik Satgas Penanganan dan Pencegahan Covid-19 di Dinas Kesehatan Lambar Erna Yanti mengatakan, penambahan kasus covid-19 pertama di tahun 2022 terjadi pada awal bulan Januari lalu.

"Kasus pertama pada tahun 2022 ditemukan pada tanggal 2 Januari lalu.  Kemudian pada tanggal 6 Januari kembali ada penambahan satu kasus positif. Jadi totalnya pada bulan Januari 2022 terjadi penambahan dua kasus positif covid-19 di Lampung Barat," kata Erna pada Harianmomentum.com, Kamis (17-2-2022).

Penambahan kasus yang cukup signifikan terjadi pada bulan Februari 2022. "Dalam waktu 16 hari selama bulan Februari ini tercatat penambahan 64 kasus positif covid-19. Jadi sampai  tanggal 16 Februari  tejadi penambahan 66 kasus positif covid-19 di Lampung Barat," terangnya. 

Dia merinci penambahan 64 kasus positif pada bulan Februari itu terjadi pada tanggal 12 bertambah 13 kasus, tanggal 13 bertambah tiga kasus. Kemudian tanggal 15  terjadi penambahan 28 kasus.

"Kemarin tanggal 16 Februari, kembali bertambah 18 kasus. Jadi totalnya, sampai hari ini terjadi penambahan 66 kasus positif covid-19," jelasnya.

Penambahan 18 kasus positif covid-19 pada tanggal 16 Februari itu berasal dari enam kecamatan. Rincianya: tiga kasus di Kecamatan Sekincau, empat kasus di Kecamatan Balikbukit, satu kasus di Kecamatan Batubrak, enam kaus di Kecamatan Kebuntebu, satu kasus di Waytenong dan tiga kasus di Kecamatan Sumbarjaya.

"Sebagian besar mereka yang terpapar covid-19 ini, sebelumnya pernah melakukan perjalanan keluar daerah serta sempat mendatangi acara yang dihadiri orang banyak," terangnya.

Untuk mencegah semakin meluasnya penularan covid-19, masyarakat diminta lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

"Kita semua harus tetap lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan, agar penularan covid-19 di Lampung Barat tidak terus terjadi," imbaunya.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Lampung hingga 16 Februari 2022, total kasus positif covid-19 di Kabupaten Lampung Barat mencapai 2.988 orang. 

Dari jumlah tersebut, 2.677 orang selesai menjalani isolasi dan dinyatakan sembuh. Sedangkan korban meninggal dunia mencapai 140 orang. (**)

Editor: Munizar


Comment

Berita Terkait


Warga Bulukerto Berharap Perbaikan Jembatan G ...

MOMEBTUM, Gadingrejo--Masyarakat Pekon Bulukarto, Kecamatan Gadin ...


Wahdi Ajak Jaga Kerukunan ...

MOMENTUM, Metro--Walikota Metro Wahdi Siradjuddin mengimbau masya ...


Puluhan Hektare Tanaman Padi di Mesuji Teranc ...

MOMENTUM, Mesuji--Puluhan hektare tanaman padi di Desa Sidangkurn ...


Pemkot Metro Bahas Agenda Kegiatan HUT ke 87 ...

MOMENTUM, Metro--Pemerintah Kota Metro mengagendkan sejumlah kegi ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com