DTPH Lambar Kembangakan Peran Petani Sebagi Peneliti dan Pengusaha

Tanggal 15 Mar 2022 - Laporan Sulemy - 554 Views
Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus memanen kopi yang menjadi salah satu komoditi perkebunan adalan kabupaten setempat/foto: ist

MOMENTUM, Liwa--Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (DTPH) Kabupaten Lampung Barat (Lambar) terus berupaya meningkatkan hasil komoditi pertanian. Pengembangan peran petani sebagai peneliti sekaligus pengusaha menjadi terobosan  yang dilakukan untuk memperkuat upaya tersebut.

Kepala DTPH Lambar Nata Djudin Amran mengatakan, metode pengembangan peran petani sebagai peneliti dan pengusaha akan menjadi langkah efektif dalam meningkatkan produksi komoditi pertanian.

"Dengan metode ini, kita berupaya merubah mindset atau pola pikir petani tidak hanya melulu sebagai pekerja, tapi juga harus berupaya melakukan penelitian dan pengembangan usaha budidaya yang dilakukan," kata Nata pada Harianmomentum.com, Selasa (15-3-2022).

Untuk memaksimalkan penerapan metode tersebut, DTPH Lambar akan  mengerahkan 67 petugas penyuluh di 15 kecamatan.

"Nantinya petugas penyuluh akan memberikan pendampingan kepada petani serta mencarikan solusi dari apa yang diinginkan petani dalam pengolahan lahan pertaniannya," terangnya.

"Selama ini banyak petani kita masih nyaman dengan hasil perkebunan yang dihasilkan. Meski sebenarnya lahan tersebut masih dapat diolah untuk meningkatkan produksi. Ini yang nantinya menjadi tugas penyuluh untuk mendampingi para petani mengenai apa yang mereka inginkan dan butuhkan dalam upaya peningkatan produksi," jelasnya.

Menurut dia, yang mengetahui secara pasti kendala dalam usaha budidaya pertanian adalah petani itu sendiri. Karena itu, petani harus dibina untuk bisa berperan sebagai peneliti, menganalisis penyebab kendala dan merumuskan solusi atas kendala yang dihadapi. Selanjutnya pentani juga didorong mengembangkan solusi yang tercetus menjadi peluang usaha. 

"Nantinya kita akan fasilitasi petani, untuk mendapatkan bantuan modal KUR (kredit usaha rakyat) dari bank. Untuk bantuan modal melalui KUR ini, kita sudah koordinasi dengan PT Bank Lampung," ungkapnya. (**)

Editor: Munizar


Comment

Berita Terkait


Delapan Pejabat Eselon II di Tanggamus Dimuta ...

MOMENTUM, Tanggamus--Penjabat (Pj) Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan ...


749 Pegawai di Tanggamus Terima SK PPPK ...

MOMENTUM, Tanggamus -- Penjabat (Pj) Bupati Tanggamus Mulyadi Irs ...


FGD DLH Pesibar, Instrumen Lingkungan Harus M ...

MOMENTUM, Krui -- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pesisir ...


Warga Bulukerto Berharap Perbaikan Jembatan G ...

MOMEBTUM, Gadingrejo--Masyarakat Pekon Bulukarto, Kecamatan Gadin ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com