Dinkes Janji Perbaiki Gedung Puskesmas Pagardewa

Tanggal 17 Okt 2017 - Laporan - 1149 Views
Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tulangbawang Barat Prana Putra.

Harianmomentum.com--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulangbawang Barat  berjanji secepatnya mengupayakan rehab gedung Puskesmas Pagardewa dan memfungsikan kembali pelayaan kesehatan di puskesmas tersebut.

 

Janji tersebut disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Tubaba Perana Putra, menyikapi keluhan masyarakat terkait kerusakan gedung Puskesmas Kecamatan Pagardewa dan tidak adanya pelayanan kesehatan di wilayah setempat.

       

"Memang memprihatinkan kondisi puskesmas tersebut. Tahun 2018, kita upaya pengalokasian dana rehab gedung dan pengadaan peralatan medis melalui APBD,” kata Perana Putra pada harianmomentum.com,  Selasa (17/10).

 

Menurut dia, selama ini dinkes kesulitan mengatasi kekurangan tenaga medis untuk ditempatkan di Puskesmas Pagardewa.

 

“Selama ini kita kan keurangan tenaga medis dan non medis untuk di tugaskan di situ. Tahun depan kita upayakan menambah tenaga dan peralatan medis di Puskesmas Pagardewa," terangnya. 

Diberitakan sebelumnya, kondisi gedung Puskesmas Pagardewa rusak parah. 

 

Menurut warga setempat, sudah setahun lebih tidak ada lagi aktifitas pelayanan kesahatan di gedung puskesmas tersebut. Warga yang ingin berobat, terpaksa pergi ke rumah sakit atau puskesmas di luar wilayah itu. 

 

"Sudah setahun lebih, puskesmas ini kosong. Lihat saja bangunan rusak. Banyak rumput liar di halaman. Malahan sering jadi sarang anjing-anjing liar," kata seorang warga setempat, Minggu (15/10). 

 

Pantaun harianmomentum.com, hampir seluruh bagian bangunan puskesmas tersebut rusak. Atap dan plafon bangunan  jebol. Kusen pintu dan jedela kropos dimakan rayap. Begitu juga lantai dan dinding, banyak yang retak. 

 

Warga berharap, pemerintah kabupaten setempat memperbaiki dan mengembalikan fungsi puskesmas tersebut. 

 

"Harusnya puskesmas ini diperbaiki dan difungsikan lagi. Kami (warga) repot, kalau mau berobat harus pergi jauh ke tempat lain, karena di sini tidak ada puskesmas," kata seorang warga setempat. (frk)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Donor di PTPN I Regional 7 Bantu Atasi Defisi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Unit Donor Darah (UDD) PMI Lampung men ...


RS Urip Sumoharjo Diduga Telantarkan Jenazah ...

MOMENTUM,Bandarlampung--Sebuah video yang dinarasikan ada seoaran ...


PWI Lampung Utara Berikan Bantuan kepada Bayi ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Pengurus PWI Lampung Utara memberikan bantu ...


Peringatan Hari Gizi Nasional, Royco Edukasi ...

MOMENTUM, Jakarta -- Peringatan Hari Gizi Nasional 2024, perusaha ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com