Tidak Teregistrasi, LBH Bandarlampung Siap Dampingi Calon Mahasiswa Unila

Tanggal 18 Okt 2017 - Laporan - 791 Views
Dua calon mahasiswa Unila yang tidak teregistrasi mendatangi LBH Bandarlampung.Foto:Agung Chandra Widi.

Harianmomentum.com--Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Bandarlampung siap mendampingi masalah mahasiswa baru Universitas Lampung (Unila) yang namanya tidak teregistrasi atau terdaftar secara online.

 

“Kami sudah menerima pengaduan dari Mahasiswa yang namanya tidak terdaftar. Kami siap membantu mendampingi mereka,” kata ketua LBH Bandarlampung, Alian Setiadi, Selasa (17/10).

 

Alian mengatakan bahwa masalah ini harus diusut tuntas dan diselesaikan oleh rektor atau pembantu rektor bidang akademik Unila.

 

“Apakah ini ada kesalahan teknis atau kesalahan lainnya kita belum mengetahui. Yang jelas, kita sangat menyayangkan atas peristiwa tersebut,” jelasnya.

 

Ia menyampaikan bahwa pihaknya akan sesegera mungkin untuk melakukan pendampingan dalam menyelesaikan permasalahan ini.

 

“Kita akan pelajari berkas yg diterima dulu, baru kita akan mengagendakan agar rektor bisa memfasilitasi sehingga persoalan ini bisa diselesaikan,” terangnya.

 

Alian juga mempersilahkan para mhasiswa baru Unila lainnya yang tidak terdftar untuk melampirkan berkas-berkasnya agar masalah ini bisa segera diselesaikan secara baik.

 

“Berdasarkn informasi dari calon mahasiswa yang datang ke LBH, bahwa ada lebih dari satu orang yang mengalami kasus serupa,” katanya.

 

Hal senada dikatakan M Ilyas, Kepala Divisi (Kadiv) Hak-Hak Sipil dan Politik LBH Bandarlampung itu menegaskan pihaknya segera menggelar rapat guna menentukan strategi untuk menangani kasus tersebut.

 

"Kuliah itu hak setiap warga negara, dan kasus ini sangat disayangkan bisa terjadi," kata dia.

 

Sementara itu, dua dari sekitar 20 calon mahasiswi yang namanya tidak terdaftar di Unila menyambangi LBH Bandarlampung agar mendapatkan pendampingan serta memperoleh titik terang persoalan yang mereka hadapi.

 

Calon mahasiswa itu Juliana Manik (18) dengan pilihan jurusan FISIP Administrasi Bisnis yang berasal dari Jalan Binjai kilometer (Km) 12,5 Kutilang Ujung Kecamatan Sungkal Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatra Utara.

 

Sedangkan, Ersya Febryani (18) jurusan FKIP Bahasa Indonesia berasal dari Padang Lawe Kecamatan Sungai Tarap.

 

Keduanya merupakan calon mahasiswa Universitas Lampung yang lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atau jalur undangan.

 

Mereka juga mengaku sudah membayar uang kuliah tunggal (UKT) dan juga sudah mengikuti Propti dan perkuliahan sekitar satu minggu.

 

Keduanya sudah melaporkan masalah tersebut ke pihak rektorat, namun tidak ada tanggapan maupun respon yang sesuai dengan harapan mereka berdua.(acw)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Dugaan Korupsi di Tirtakencana, Polisi akan L ...

MOMENTUM, Panaragan -- Kasus dugaan korupsi di Tiyuh/Desa Tirtake ...


Sopir Truk Dianiaya Bang Jago Jalan Raya Buyu ...

MOMENTUM, Gunungsugih - Suhadi, sopir truk asal Waringinsari Timu ...


Penemuan Mayat Bayi, Pelakunya Masih Status P ...

MOMENTUM, Gunungsugih -- Polres Lampung Tengah menetapkan NN (17) ...


Antisipasi Kecelakaan, Satlantas Cek Kelayaka ...

MOMENTUM, Pringsewu--Jajaran Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polre ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com