Hujan Deras, Pilar Penyangga Jembatan Cakat Amblas

Tanggal 26 Mei 2022 - Laporan Abdul Rohman - 1007 Views
Petugas kepolisian memasang rambu di lokasi jembatan Way Cakat Kabupaten Tulangbawang.

MOMENTUM, Menggala--Akibat hujan deras, satu pilar pembatas jembatan Way Cakat Nyenyak II Jalan Lintas Timur Sumatera amblas. Jembatan tersebut berada di Cakat Raya Kecamatan Menggala Timur Kabupaten Tulangbawang, Kamis (26-05-2022). 

Jembatan dengan bentang 2 x 4,9 meter dengan panjang 9,8 meter tersebut, diduga amblas akibat diterpa longsor pada Rabu malam (25-05).

"Akses Jalintim ini sangat vital, jika tidak segera diperbaiki, akan mengakibatkan kemacetan. Karena jalan itu menjadi satu-satunya akses yang bisa dilewati, selain jalan tol," terang Deri (28) salah seorang pengemudi yang melintas di lokasi setempat.

Lanjut Deri, penguna jalan jika tidak ingin mengalami kemacetan saat perbaikan jalan tentunya harus melewat jalan tol dari Terbanggi keluar ke pintu tol Banjaragung.

"Karena itu satu-satunya jalan alternatif, jika tidak mau terjebak macet di jalan Lintas Timur Cakat Raya," teangnya.

Di tempat yang sama Darmawan (32) pengumudi lainnya, kaget melihat kondisi pilar pembatas jembatan yang sudah longsor di bagian bawah, hingga lepas dari sisi jembatan.

"Hari Selasa kondisi pilar jembatan Way Cakat Nyenyak II ini masih baik-baik saja saat saya melintas," ucapnya. 

Sementara itu, anggota Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Tulangabawang sudah memasang beberapa rambu-rambu peringatan jalan longsor didekat lokasi jembatan Way Cakat Nyenyak II, Jalan Lintas Timur (Jalintim) Kecamatan Menggala Timur Kabupaten Tulangbawang, Kamis (26-5).

Pemasangan rambu peringatan jalan longsor tersebut dilakukan Satlantas Polres Tulangbawang, guna memberi himbauan kepada para pengendara untuk dapat melaju dengan kecepatan ringan. Sehingga tidak terperosok ke bagian pilar jembatan yang longsor.

"Kemarin sudah kami lakukan peninjauan langsung ke lokasi. Saat ini pihak kami juga sudah koordinasikan kepada pihak penanggung jawabnya agar secepatnya ditindak lanjuti nantinya," jelas Kasat Lantas Polres Tulangbawang, Iptu Glen Felix.

Saat ini, pihaknya juga sudah menyiapkan langkah-langkah antisipasi bilamana terjadinya kepadatan arus lalu lintas. 

"Sementara hanya dilakukan penutupan setengah bagian lajur jalan kendaraan. Menurut pantauan saat ini, tidak terjadi kemacetan akibat longsornya pilar penyangga jembatan Way Cakat Nyenyak II itu," ungkapnya. (**)

Editor: Agus Setyawan


Comment

Berita Terkait


Satres Narkoba Lamteng Tangkap Bandar Sabu ...

MOMENTUM, Terbanggibesar--Bandar narkoba berhasil diringkus oleh ...


Ahli Hukum dari Unila Soroti Kasus Dugaan Kor ...

MOMENTUM, Panaragan -- Kasus dugaan korupsi yang terjadi di Tiyuh ...


Daftar di Dua Partai, Eva Dwiana Tak Ingin Pi ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Walikota Bandarlampung Eva Dwiana pada h ...


Kejaksaan Tetapkan Kepala Laboratorium Penguj ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Kejaksaan Negeri Lampung Utara menetapkan K ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com