Diterpa Hujan Angin, Balai Kampung Notoharjo Ambruk

Tanggal 02 Jun 2022 - Laporan Agus Setiawan - 570 Views
Kondisi bangunan Balai Kampung Notoharjo Kecamatan Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah.

MOMENTUM, Trimurjo--Hujan deras disertai angin kencang beberapa hari lalu mengakibatkan gedung balai dusun III Kampung Notoharjo, Kecamatan Trimurjo, Lampung Tengah (Lamteng) ambruk.

Gedung yang berusia kurang lebih 15 tahun itu ambruk setelah kayu bagian atap mulai rapuh sehingga tidak mampu menahan guyuran hujan deras disertai angin kencang pada Selasa 31 Mei 2022. 

"Musibah yang terjadi beberapa hari lalu itu disebabkan curah hujan yang tinggi sehingga atap bangunan tak mampu bertahan," ujar Kepala Kampung (Kakam) Kampung Notoharjo, Bambang Sungkowo melalui pesan aplikasi WhatsApp, Kamis (2-6).

Kebetulan, kata dia, memang kontruksi bangunan terutama di bagian atap sudah mulai rapuh termakan usia. "Bangunan ini sudah ada sejak 15 tahun yang lalu. Jadi, mungkin kayu-kayunya juga sudah gapuk dan tak mampu menahan beban," jelasnya.

Setelah mendapat laporan, lanjut Bambang, pihaknya pun langsung berkoordinasi ke pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lamteng.

"Kami juga sudah berkoordinasi dengan BPBD Lamteng, meski bangunan ini merupakan hasil swadaya masyarakat. Namun, ini kan merupakan bencana alam yang memang harus kita laporkan ke pihak BPBD," tambahnya.

Saat ini, kondisi bangunan yang ambruk sudah ditangani oleh masyarakat secara bergotong royong. Akibat kejadian tersebut pihaknya mengalami kerugian mencapai Rp70 juta. (*)

Editor: Agus Setyawan


Comment

Berita Terkait


BRI Dukung Kontingen Porwanas PWI Lampung Ber ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Bank Rakyat Indonesia (BRI)  Region ...


Mantap, Hampir Seribu PPPK di Pringsewu Terim ...

MOMENTUM, Pringsewu--Sebanyak 949 Aparatur Sipil Negara (ASN)&nbs ...


Cegah Penyebaran DBD, Sindangsari Lakukan Fog ...

MOMENTUM, Kotabumi--Jajaran Kelurahan Sindang Sari, Kecamatan Kot ...


Cegah DBD, Dinkes Metro Ingatkan Warga Soal P ...

MOMENTUM, Metro--Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Metro mengimbau ma ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com