Sekretariat DPRD Lamtim Komitmen Tingkatkan Profesionalitas Kinerja

Tanggal 12 Jun 2022 - Laporan Arif Fahrudin - 499 Views
Jajaran Sekretariat DPRD Kabupaten Lampung Timur mengikuti Seminar dan Rakernas XII ASDEKSI, di Kota Surabaya, Jawa Timur

MOMENTUM, Sukadana--Sekretariat DPRD Kabupaten Lampung Timur terus berupaya meningkatkan kapasitas dan profesionalitas kinerja, sesuai peran dan fungsi mendukung kelancaran tugas lembaga legislatif.  

Hal tersebut disampaikan Sekretaris DPRD Lamtim M.Noer Alsyarif  di sela Seminar dan Rapat Kerja Nasional XII Asosiasi Sekretariat DPRD Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia (ASDEKSI). Kegiatan berlangsung di Hotel Vasa, Kota Surabaya, Jawa Timur, 9 sampai 12 Juni 2022. "Seminar dan Rakernas ini diikuti seluruh anggota ASDEKSI se- Indonesia," kata Heri—sapaan akrab Noer Alsyarif, Minggu (12-6-2022). 

Dalam agenda juga dilakukan penyusunan program kerja ASDEKSI tahun 2022/2023 yang akan direkomendasikan pemerintah pusat melalui kementerian terkait. "Penyusunan program ini juga menjadi masukan dalam menerbitkan regulasi yang berkaitan dengan Sekretariat DPRD," terangnya.

Sebelumnya, Ketua Umum ASDEKSI Widyo Prayitno menyampaikan, peran Sekretaris DPRD sangat penting dan selaras dengan sistem kerja lembaga legislatif tersebut.

"Peran Sekretariat DPRD sangat penting dalam  menyelenggarakan administrasi kesekretariatan dan keuangan untuk mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi DPRD. Termasuk  menyiapkan dan mengkoordinasikan tenaga ahli yang diperlukan oleh DPRD dalam melaksanakan hak dan fungsinya sesuai dengan kebutuhan," kata Widyo Prayitno.

Hal senada disampaikan Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Suhajar Diantoro saat membuka acara tersebut.

Menurut dia, Sekretariat DPRD memegang peranan penting sebagai supporting system bagi kinerja anggota DPRD .

"Sekretariat DPRD juga harus dapat menjadi penyeimbang antara lembaga legislatif dan eksekutif. Karena itu, dalam melaksanakan tugas tersebut, jajaran Sekretariat DPRD harus benar-benar profesional dengan tetap berpedoman pada asas-asas penyelenggaraan pemerintahan dan norma atau aturan hukum yang berlaku," terangnya. (**)

Editor: Munizar


Comment

Berita Terkait


Lamsel Raih WTP Delapan Kali Berturut ...

MOMENTUM, Kalianda--Untuk kedelapan kali berturut, Pemerintah Dae ...


Estimasi Jadwal Keberangkatan JCH Lampung, Kl ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agam ...


BNPB Diminta Segera Tangani Masalah Banjir di ...

MOMENTUM, Mesuji -- Pemerintah Kabupaten Mesuji meminta Badan Nas ...


Kabupaten Mesuji Kembali Meraih WTP dari BPK ...

MOMENTUM, Mesuji -- Kabupaten Mesuji bersama 10 kabupaten/kota se ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com