Anggota Khilafatul Muslimin Sukarela Turunkan Papan Nama Organisasi

Tanggal 14 Jun 2022 - Laporan Rifat Arif. - 550 Views
Penurunan plang nama Khilafatul Muslimin di Kabupaten Polres Pesawaran.

MOMENTUM, Gedongtataan -- Aparat Polres Pesawaran melakukan pengawasan terhadap organisasi Khilafatul Mulimin, anggota dan simpasitannya.

Kapolres Pesawaran, AKBP Pratomo Widodo mengungkap di wilayah Pesawaran, organisasi ini memiliki anggota sekitar 250 orang dan ratusan pengikut. Dengan tujuh sekretariat yang terletak di dua kecamatan.

"Kami datangi mereka dan memberikan pemahaman agar menjaga situasi kemanan dan ketertiban masyarakat. Sejauh ini semua kooperatif, bahkan mereka secara sukarela menurunkan plang nama organisasi, juga berkomitmen untuk tidak melakukan aktivitas yang berhubungan dengan organisiasi tersebut," katanya, Senin (13-6-2022).

Selain mendata anggota organisasi yang berpusat di Bandarlampung itu, polisi juga telah menertibkan sejumlah plang nama sekretariat Khilafatul Muslimin yang ada di Kecamatan Gedongtataan dan Negerikaton.

"Anggota dan simpatisan organisasi ini kebanyakan berprofesi sebagai petani dan hanya ikut ikutan, tapi kita pastikan untuk dilakukan pembinaan agar tidak melakukan tindakan yang anti Pancasila dan NKRI," katanya.

Bahkan, menurut dia, beberapa anggotanya mengaku tidak diperbolehkan mengibarkan bendera merah putih, serta tidak mengakui ideologi Pancasila.

"Beberapa dari mereka sudah dibaiat, dan tidak mau mengibarkan bendera merah putih di rumahnya. Kami berharap untuk melepas baiat itu dan kembali kepada NKRI serta Ideologi Pancasila yang sudah disepakati oleh pendiri bangsa dan ulama pendahulu," tuturnya.

Pratomo berpesan kepada masyarakat, bahwa hingga saat ini organisasi itu tidak terdaftar, sehingga aktivitas apapun yang berkaitan dengan nama organisasi untuk tidak dilakukan agar situasi kamtibmas terus terjaga. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Tangkap Satu Pelaku, Polres Lamteng Buru Ters ...

MOMENTUM, Gunungsugih--Tim Khusus Antibandit (Tekab) 308 Presisi ...


Warga Serahkan Dua Pucuk Senjata Api Rakitan ...

MOMENTUM, Mesuji--Warga menyerahkan dua senjata api rakitan kepad ...


Demi Narkoba, Pemuda Asal Pringsewu Gelapkan ...

MOMENTUM, Pringsewu--Bermodus rental, seorang pria berinisial AI ...


Seorang Penadah Motor Curian Ditangkap Polisi ...

MOMENTUM, Seputihbanyak--Setelah meringkus tiga orang pelaku penc ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com