Cegah PMK, Pesawaran Ajukan 45 ribu Dosis Vaksin ke Kementan

Tanggal 05 Jul 2022 - Laporan Rifat Arif - 309 Views
Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Pesawaran, Fisky Virdous.

MOMENTUM, Gedongtataan-- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesawaran mulai vaksinasi hewan ternak berkuku belah. Respon itu dilakukan guna mengantisipasi ternak terjangkit penyakit mulut dan kuku (PMK).

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Fisky Virdous mengatakan, telah mengajukan sebanyak 45 ribu dosis vaksin kepada Kementerian Pertanian (Kementan), "Sementara ini baru menerima sebanyak 1.000 dosis vaksin," Fisky, Selasa (5-7-2022).

Kalau untuk kebutuhan, kata dia, kita membutuhkan 45 ribu dosis vaksin untuk tahap satu dan dua. "Jadi pelaksanaan vaksinasi dilakukan selama dua tahap," kata Fisky. 

Dia juga menyebutkan telah memberikan data terkait jumlah hewan ternak yang ada di Kabupaten Pesawaran, yakni sebanyak 23.082 ekor ternak jenis sapi, kerbau 958 ekor, kambing 54.079 ekor serta domba 5.439 ekor. 

"Untuk saat ini kita tinggal menunggu dosis vaksin itu turun. Setelah dosis vaksin sudah datang kemudian langsung kita suntikan pada hewan ternak yang ada," ujar dia.

Selain melakukan vaksinasi hewan, dinas tersebut juga telah melakukan pemantauan dan pemeriksaan terhadap hewan ternak sejak H-7 hari raya Idul Adha hingga H+3 setelah hari kurban.

"Kita sudah menurunkan tim untuk melakukan pemeriksaan terhadap kebersihan lapak penjual hewan termasuk kandang ternak, kita cek kesehatannya serta kondisi kandang," jelasnya.

Bagi hewan ternak yang telah selesai diperiksa akan diberikan kalung sebagai penanda kesehatan ternak tersebut dalam kondisi baik dan tidak berpenyakit.

"Kalau kita menemukan hewan yang ada gejala PKM atau tidak sehat akan kita ambil alih, dan untuk hewan yang sudah kita periksa dan dinyatakan sehat kita pakaikan kalung secara simbolis kepada pemilik lapak sebagai tanda bahwa hewan ternaknya sudah dilakukan pemeriksaan," katanya.

Dia juga mengatakan, pihaknya telah membentuk tim pemantauan dan pemeriksa pada hewan ternak yang dibagi di 11 kecamatan di Pesawaran.

"Tim itu nanti akan melakukan pemantauan dan pemeriksaan terhadap hewan ternak hingga selesai pemotongan hewan kurban," pungkasnya.(**)

Editor: Agus Setyawan


Comment

Berita Terkait


May Day di Lampung, Serikat Buruh Solid Tuntu ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Demonstrasi masih menjadi peringatan rut ...


Rapat Paripurna Istimewa HUT ke 25 Kabupaten ...

MOMENTUM, Blambanganumpu--Memaksimalkan capaian program pembangun ...


Polsek Punggur Salurkan Bansos kepada Warga K ...

MOMENTUM, Punggur--Kepolisian Sektor (Polsek) Punggur, Polres Lam ...


Mengenal Sosok Kadis Pariwisata dan Kebudayaa ...

MOMENTUM, Kalianda--Kurnia Oktaviani S.Sos MM atau yang lebih akr ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com