Kesbangpol Pringsewu Sosialisasi Sidomaspar

Tanggal 07 Jul 2022 - Laporan Joko Sulistyo. - 526 Views
Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Pringsewu gelar sosialisasi dengan membuat inovasi terkait sistem informasi data ormas dan parpol (Sidomaspar).

MOMENTUM, Pringsewu -- Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Pringsewu membuat inovasi terkait sistem informasi data ormas dan parpol (sidomaspar)

Sistem informasi itu kemudian disosialisasikan kepada pengurus 26 ormas dan partai politik, Kamis (7-7-2022). Berlangsung di Aula Sekdakab Pringsewu.

Paryono, Kabid Politik Dalam Negeri dan Ormas Badan Kesbangpol Pringsewu menjelaskan, tujuan kegiatan itu juga berguna membentuk tim pelaksana kegiatan sidomaspar.

Paryono yang juga selaku peserta pelatihan kepemimpinan administrator (PKA) angkatan II pada PPSDM Regional Bandung, menuturkan, manfaat dari kegiatan itu cukup positif baik bagi pemerintah daerah maupun masyarakat.

Bagi pemerintah, menurut dia, dengan mengimplemantasikan aksi perubahan optimalisasi pendataan dan pengawasan serta database parpol melalui Sidomaspar yakni tersedianya pusat informasi tentang ormas dan parpol. Sehingga dapat meningkatkan kinerja pemerintah.

Data base tersebut juga akan meningkatkan peran masyarakat, kader parpol, pengurus ormas dalam membangun SDM, kata Paryono.

Sebelumnya Kepalan Badan Kesbangpol Pringsewu Sukarman saat membuka kegiatan mengharapkan kepada peserta agar benar-benar menyimak apa yang diberikan oleh para pemateri.

Sukarman mengatakan, dasar kegiatan yakni, regulasi yang menjadi acuan dalam melaksanakan seperti Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 56 tahun 2017 tentang pengawasan Ormas dilingkungan kementerian Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah.

Juga Peraturan Mendagri Nomor 57 tahun 2017 tentang pendaftaran dan pengelolaan Sistem Informasi Ormas,"imbuh Sukarman.

Sementara itu, adanya sosialisasi Sidomaspar tersebut mendapat respon positif bagi peserta pengurus ormas, yang menurutnya selain mendapatkan ilmu juga lebih mengerti tentang administrasi dan menejemen ormas khususnya di bidang Sidomaspar. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Besok, Arinal Daftar Penjaringan Cagub di PAN ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Petahana Gubernur Lampung Arinal Djunaid ...


Maung dan Raung, KPU Lampung Kenalkan Maskot ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lam ...


KPU Lampung Resmi Luncurkan Pilkada 2024, Mas ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lam ...


Peluang Hanan-Umar di Pilgub 2024, Umar Ahmad ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Umar Ahmad, politisi yang juga ketua Bap ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com