Ajak Tingkatkan Semangat Literasi, Gubernur: Buku Itu Sumber Pengetahuan

Tanggal 20 Jul 2022 - Laporan Agung DW - 437 Views
Gubernur Arinal Djunaidi

MOMENTUM, Bandarlampung--Gubernur Arinal Djunaidi generasi muda untuk terus meningkatkan semangat literasi. 

Terlebih, buku merupakan sumber ilmu pengetahuan. Sehingga masyarakat Lampung akan terus teredukasi. Khususnya bagi generasi penerus bangsa. 

Hal itu disampaikan gubernur saat membuka Festival dan Jambore Literasi Provinsi Lampung di PKOR Wayhalim Bandarlampung, Rabu (20-7-2022).

"Buku itu adalah sumber ilmu pengetahuan. Jadi diharapkan masyarakat dapat meningkatkan semangat literasi. Sehingga banyak yang teredukasi," kata gubernur. 

Menurut Arinal, masyarakat yang teredukasi akan mampu mengembangkan karakter. Sehingga mampu menjadi generasi emas di masa depan.

Melalui kegiatan itu, gubernur berharap akan menjadi solusi dalam pemecahan masalah rendahnya keinginan terhadap pentingnya literasi informasi. 

Selain itu, kegiatan itu juga diharapkan menjadi langkah positif yang strategis, dalam membangkitkan gairah kompetisi serta memacu produktivitas dan menciptakan inovasi ditengah masyarakat. 

Arinal juga meminta Bunda Literasi provinsi dan kabupaten/kota dapat menjadi role model yang mampu berperan sebagai motivator dan motor penggerak pembudayaan kegemaran membaca. 

"Serta sebagai juru kampanye budaya gemar membaca, panutan dalam menumbuh kembangkan budaya gemar membaca. Sekaligus sebagai sebuah simbol bagi bangkitnya kesadaran masyarakat," jelasnya. 

Sementara itu, Bunda Literasi Riana Sari Arinal mengatakan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat Provinsi Lampung Tahun 2020, saat ini sebesar 11,98 yang berada pada urutan ke 20 nasional. 

Angka itu merupakan hasil Pengukuran Skor Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) yang dilakukan oleh  Perpustakaan Nasional RI. 

"Ini menjadi pekerjaan rumah yang tidak ringan untuk kita bersama-sama bersinergi meningkatkan dan membudayakan literasi di tengah masyarakat. Ayo tingkatkan budaya literasi untuk wujudkan Lampung Berjaya," terangnya. (**)

Editor: Agung Darma Wijaya


Comment

Berita Terkait


Gubernur Buka Lampung Craft V ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Gubernur Arinal Djunaidi dan Ketua Dekra ...


Gubernur Segera Memasuki AMJ, DPRD Sebut Belu ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Gubernur Lampung Arinal Djunaidi bakal m ...


Pemkab Tulangbawang Gelar Sosialisasi dan Pel ...

MOMENTUM, Banjaragung--Pemerintah Kabupaten Tulangbawang melakuka ...


Tahun Ini, Dana Desa untuk Kabupaten Mesuji R ...

MOMENTUM, Mesuji -- Dana desa untuk Kabupaten Mesuji, Provinsi La ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com