Hewan Ternak di Pesawaran Aman dari PMK

Tanggal 21 Jul 2022 - Laporan Rifat Arif - 419 Views
Kepala Disbunak Kabupaten Pesawaran, Fisky Virdous.

MOMENTUM, Gedongtataan--Hewan ternak di Kabupaten Pesawaran aman dari penyakit mulut dan kuku (PMK). Sejumlah hewan ternak jenis sapi dan kambing yang berkuku belah di Kabupaten Pesawaran telah dinyatakan sembuh.

"Sebelumnya ada ternak yang terjangkit PMK pada 26 Juni 2022. Sembilan ekor hewan yang terjangkit, empat ekor kambing dan satu ekor sapi di Desa Halanganratu serta empat ekor sapi di Desa Margorejo. Semua dinyatakan sembuh 19 Juli lalu," kata Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Pesawaran, Fisky Virdous, Kamis (21-7-2022).

Pasca sejumlah hewan terjangkit, berbagai upaya pencegahan pun terus dilakukan oleh, antara lain: melakukan screening ke kandang ternak, serta melakukan edukasi terkaot kebersihan dan kesehatan hewan kepada peternak sapi dan kambing.

"Selain itu, kami juga terus giatkan vaksinasi bagi hewan ternak. Untuk tahap pertama sudah terlaksana sebanyak seribu dosis vaksin, sementara tahap kedua sebanyak 1.200 dosis yang akan kita terimapada 26 Juli mendatang," katanya.

Vaksinasi dosis kedua itu rencananya akan dipusatkan di tiga lokasi Puskeswan yakni Kecamatan Tegineneng sebanyak 500 dosis, Negerikaton 500 dosis, kemudian sisanya di Kecamatan Wayratai sebanyak 200 dosis.

Selain melakukan vaksinasi, pihaknya juga bersama Satuan Tugas (Satgas) pencegahan PMK terus menggiatkan program pencegahan dan sosialisasi kepada masyarakat.

"Peternak juga harus menjaga kesehatan kandang, pakan maupun kesehatan hewan. Jika terpaksa harus mendatangkan hewan dari luar daerah maka harus dipastikan melewati prosedur kesehatan, seperti karantina dan mengantongi surat keterangan bebas penyakit dari instansi terkait," imbaunya.(**)

Editor: Agus Setyawan


Comment

Berita Terkait


May Day di Lampung, Serikat Buruh Solid Tuntu ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Demonstrasi masih menjadi peringatan rut ...


Rapat Paripurna Istimewa HUT ke 25 Kabupaten ...

MOMENTUM, Blambanganumpu--Memaksimalkan capaian program pembangun ...


Polsek Punggur Salurkan Bansos kepada Warga K ...

MOMENTUM, Punggur--Kepolisian Sektor (Polsek) Punggur, Polres Lam ...


Mengenal Sosok Kadis Pariwisata dan Kebudayaa ...

MOMENTUM, Kalianda--Kurnia Oktaviani S.Sos MM atau yang lebih akr ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com