Pantau Pembersihaan Limbah Minyak, Pemkab Inventarisir Dampak Pencemaran

Tanggal 24 Jul 2022 - Laporan Arif Fahrudin - 583 Views
Bupati Lampung Timur Muhammad Dawam Rarhadjo

MOMENTUM, Sukadana-Pemerintah Kabupaten Lampung Timur (Lamtim) terus memonitor pembersihan pesisir pantai Labuhanmaringgai yang tercemar akibat kebocoran pipa minyak dan gas.

Bupati Dawam Rahardjo mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan PT Pertamina Hulu Energi Offshore Southeast Sumatera (PHE-OSES) selaku pihak yang bertanggung jawab atas pengeboran sumber minyak bumi di lepas pantai Kabupaten Lamtim.  

"Kami sudah koordinasi dengan PT PHE OSES terkait upaya pembersihan limbah itu. Kami juga sudah melakukan peninjauan langsung ke pesisir pantai Labuhanmaringgai menggunakan helikopter,” kata bupati, Jumat (22-7-2022) .

Menurut bupati, berdasarkan pemantauan dari udara, kawasan pesisir pantai Labuhanmaringgai mulai bersih dari limbah. Meski demikian, pihak PT PHE OSES masih terus melakukan pembersihan limbah.

"Kita akan terus pantau pembersihan limbah ini dan agar kebocoran pipa itu tidak kembali terulang, kami minta PT PHE OSES melakukan penggantian pipa yang telah berusia puluhan tahun,” harapnya.

Terkait dampak pencemaran tersebut, terhadap para nelayan tangkap dan petani tambak, pemkab akan melakukan inventarisir. “ Kita lakukan inventarisir dulu. Setelah itu, baru kita tentukan langkah terkait penanganan dampak pencemaran ini," terangnya. (**)

Editor: Munizar


Comment

Berita Terkait


Lepas Kirab Marching Band, Gubernur: Berkreas ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Gubernur Lampung Dr (HC) Ir. Arinal Djun ...


Galang Dukungan Persiapan Pemekaran Kabupaten ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Panitia Persiapan Pemekaran Daerah Otono ...


Pringsewu Mulai Terapkan TP2DD ...

MOMENTUM, Pringsewu--Pemerintahan Kabupaten Pringsewu mulai mener ...


Lomba Desa, Dua Pekon Siap Wakili Pringsewu d ...

MOMENTUM, Gadingrejo--Pekon (Desa) Bulurejo, Kecamatan Gadingrejo ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com