Simulasi, Pemprov Tetapkan Status Tanggap Darurat di Dua Kabupaten

Tanggal 27 Jul 2022 - Laporan Agung DW - 463 Views
Suasana simulasi penanganan bencana di Hotel Emersia.

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung menetapkan status tanggap darurat banjir di dua kabupaten: Waykanan dan Tulangbawang Barat.

Penetapan status tanggap darurat itu diambil lantaran banjir yang terjadi di Waykanan dan Tulangbawang Barat telah berlangsung selama beberapa hari. Bahkan diperkirakan akan terjadi hingga tujuh hari mendatang.

Hal itu berdasarkan Simulasi Penanggulangan Bencana di Provinsi Lampung yang diadakan BPBD setempat di Hotel Emersia Bandarlampung, Rabu (27-7-2022).

Simulasi tersebut telah berlangsung sejak Senin (25-7-2022) hingga Kamis (28-7) besok. Pada hari ketiga, dilakukan gladi posko terkait penanganan bencana di Lampung. Terutama bencana banjir.

Dalam simulasi itu, dibentuk posko penanganan bencana: seperti sekretariat, posko operator, media center, perencanaan, SDM dan logistik serta posko lapangan dan operasi.

Widyaiswara Ahli Utama BNPB Bagus Tjahjono berharap, melalui kegiatan simulasi tersebut dapat memberikan pemahaman dalam mengatasi bencana alam.

"Karena hampir semua orang jika bertemu bencana pasti gagap, bingung, dan pasti enggak ada yang siap. Untuk itu diperlukan untuk kesiapsiagaan," jelasnya.

Menurut dia, pelatihan harus mendahului bencana. Sebab, respon seseorang dalam kondisi darueat bergantunh dari pelatihan yang diperoleh.

Jadi ini adalah pemahaman membangun kesiapsiagaan didaerah. Bukan hanya tim resque, tetapi seluruh komponen harus menjaga kesiapsiagaan," tuturnya. (**)

Editor: Agung Darma Wijaya


Comment

Berita Terkait


Pringsewu Pelajari Sistem Pelayanan Terpadu d ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Jajaran Pemerintah Kabupaten Pringsewu mel ...


Pekon Ganjaran Salurkan Bantuan Beras kepada ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Pemerintah Pekon Ganjaran, Kecamatan Pagel ...


508 Pegawai di Kabupaten Mesuji Terima SK PPP ...

MOMENTUM, Mesuji -- Penjabat Bupati Mesuji Sulpakar menyerahkan S ...


Dirawat di RSUAM, Satu JCH Lamtim Tunda Keber ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Satu jemaah calon haji (JCH) dari Lampun ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com