DPMP Pringsewu Gelar Pelatihan Kakon

Tanggal 08 Agu 2022 - Laporan Sulistiyo - 454 Views
Sekretaris Daerah Kabupaten Pringsewu Heri Iswahyudi membuka pelatihan kepala pekon

MOMENTUM, Pringsewu--Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Pekon (DPMP) Kabupaten Pringsewu menggelar pelatihan awal kepada 19 kepala pekon (Kakon) yang baru dilantik, pasca terpilih dalam pilkakon serentak tahun 2022.

Pelatihan yang akan berlangsung di Hotel Royal Marisa hinga 10 Agustus tersebut dibuka Sekretaris Daerah Kabupaten Pringsewu Heri Iswahyudi pada  Senin (8-8-2022).

Sekdakab Pringsewu Heri Iswayudi mengatakan, sesuai aturan, pelatihan tersebut bersifat wajib bagai para kepala pekon yang baru dilantik atau baru mengawali masa jabatan.

"Materi pelatihan ini meliputi kepemimpinan, tugas pokok dan fungsi kepala pekon. Karena itu, pelatihan ini wajib diikuti para kepala pekon yang baru mengawali masa jabatan," kata Heri.

Dengan pelatihan tersebut, para kepala pekon diharapkan lebih memahami proses perencanaan pembangunan, penyusunan regulasi pekon, susunan organisasi dan tata kerja pemerintahan pekon. Termasuk aturan pengangkatan dan pemberhentian aparatur pekon serta pengelolaan anggaran.

"Tata kelola pemerintahan pekon yang baik harus mengedepankan prinsip transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, kesetaraan serta berpegang teguh pada aturan dan prosedur yang berlaku. Nanti lebih jelas akan disampaikan oleh pemateri," terangnya.

Heri juga mengingatkan para kepala pekon agar dapat meningkatkan daya saing pekon. "Dengan pengelolaan pemerintahan pekon yang baik, daya saing potensi pekon juga harus meningkat. Kuncinya tentu ada diperencanaan program yang efektif," jelansya.

Sejumlah narasumber yang dihadirkan dalam pelatihan tersebut, antara lain: Perewakilan Kemendagri dari Balai Pemerintahan Desa Wilayah Sumatera  Roni Abu Hasan. Asisten I Setdakan Pringsewu Purhadi, Inspektur Kabupaten Pringsewu M. Andi Purwanto dan  Kepala BPKAD  Arif Nugroho serta Kepala Bapenda Waskito Joko. (**)

Editor: Munizar


Comment

Berita Terkait


Warga Bulukerto Berharap Perbaikan Jembatan G ...

MOMEBTUM, Gadingrejo--Masyarakat Pekon Bulukarto, Kecamatan Gadin ...


Wahdi Ajak Jaga Kerukunan ...

MOMENTUM, Metro--Walikota Metro Wahdi Siradjuddin mengimbau masya ...


Puluhan Hektare Tanaman Padi di Mesuji Teranc ...

MOMENTUM, Mesuji--Puluhan hektare tanaman padi di Desa Sidangkurn ...


Pemkot Metro Bahas Agenda Kegiatan HUT ke 87 ...

MOMENTUM, Metro--Pemerintah Kota Metro mengagendkan sejumlah kegi ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com