Srikandi Polres Prengsewu Ajak Pelajar Bijak Bermedsos

Tanggal 08 Agu 2022 - Laporan Sulistyo - 361 Views
Srikandi Polres Pringsewu menggelar program "Polwan Goes To School" dalam rangka HUT ke-74 Polwan di SMA Xaverius Pringsewu.

MOMENTUM, Pringsewu--Polisi Wanita (Polwan) yang juga Srikandi Polres Pringsewu mengajak para pelajar di wilayah hukum setempat bijak bermedia sosial sehingga dapat menghindari prilaku kenakalan remaja.

Hal itu disampaikan Srikandi Polres Pringsewu dihadapan ratusan pelajar saat menggelar program Polwan "Goes to School" dalam rangka HUT ke-74 Polwan, di SMA Xaverius Pringsewu, di Kelurahan Pringsewu Timur pada Senin (8-8-2022).

Kanit Kamsel Satlantas Polres Pringsewu Ipda Septi Dian Mayasari mewakili Kapolres AKBP Rio Cahyowidi menyampaikan, segala perkembangan media sosial bisa memberi wadah bagi banyak orang untuk menjalin komunikasi.

"Juga dapat menemukan informasi, dan bahkan bisa mendatangkan penghasilan. Namun, di sisi lain media sosial juga bisa berdampak buruk apabila tidak digunakan secara bijak," kata dia. Oleh karena itu, para siswa harus bisa memilah berita-berita di media sosial, mana yang benar dan yang bohong atau hoax.

Menurutnya, berapa bahaya atau dampak buruk dalam penggunaan media sosial, di antaranya, banyaknya komentar buruk, penyebaran informasi pribadi, membandingkan diri dengan orang lain. Kemudian mengganggu kesehatan mental, modus penipuan online dan hacker.

"Pelajar perlu sejak dini memahami cara menggunakan media sosial yang bijak dan aman namun tetap asyik," jelasnya.

Kesempatan itu juga  Ipda Septi Dian Mayasari menyampaikan lima tip bijak bermain Media Sosial bagi pelajar yakni, pastikan setiap hal yang diunggah tidak membuat orang lain merasa tidak nyaman, baik secara fisik maupun emosional.

"Jangan berselisih dengan orang lain di media sosial. Pilih kata yang baik dan tepat saat berkomentar atau membuat unggahan di media sosial. Pastikan pelajar tidak menyinggung orang lain," kata dia.

Hargai pendapat orang lain, dia juga mengatakan karena interaksi di media sosial adalah proses pertukaran ide dan gagasan. Serta jika ingin menyebarkan berita, cari tahu dahulu kebenarannya untuk meminimalisir penyebaran berita bohong atau hoaks. 

"Yang paling penting lagi, jangan sampai menyebarkan informasi dengan alasan hanya ingin mengikuti tren atau ingin menyebarkan sesuatu secara spontan," ungkapnya.

Ipda Dian juga mengingatkan para pelajar tidak terlibat aksi tawuran atau kenakalan remaja lain yang bisa merugikan diri sendiri bahkan terlibat dalam tindak pidana.  

"Karena selain merugikan diri sendiri dan keluarga juga bisa berdampak pada proses hukum," ungkapnya.

Kanit Kamsel Satlantas Polres Pringsewu Ipda Septi Dian Mayasari mengimbau para siswa untuk terus belajar dengan rajin dan semangat agar kelak apa yang dicita-citakan dapat tercapai."Lebih penting lagi mereka dapat membanggakan negara dan keluarga,"terangnya.

Untuk diketahui, dalam rangka menyambut HUT ke-74 Polwan, 1 September 2022, jajaran Polres Pringsewu mengelar sejumlah kegiatan salah satunya "Polwan Goes To School".

Polwan Goes To School ini selain bertujuan menumbuh kembangkan karakter anak sejak usia dini juga sebagai salah satu langkah mendekatkan instansi kepolisian di tengah masyarakat. (**)

Editor: Agus Setyawan


Comment

Berita Terkait


Satres Narkoba Lamteng Tangkap Bandar Sabu ...

MOMENTUM, Terbanggibesar--Bandar narkoba berhasil diringkus oleh ...


Ahli Hukum dari Unila Soroti Kasus Dugaan Kor ...

MOMENTUM, Panaragan -- Kasus dugaan korupsi yang terjadi di Tiyuh ...


Daftar di Dua Partai, Eva Dwiana Tak Ingin Pi ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Walikota Bandarlampung Eva Dwiana pada h ...


Kejaksaan Tetapkan Kepala Laboratorium Penguj ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Kejaksaan Negeri Lampung Utara menetapkan K ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com