Menkes: RS Jangan Cuma Cari Untung, Tetapi Membangun Kesehatan Sosial

Tanggal 26 Okt 2017 - Laporan - 1151 Views
Menkes Nila Djuwita F. Moeloek pada Rakernas IDI di Ballroom Hotel Novotel, Bandarlampung, Rabu (25/10). Foto: Istimewa

Harianmomentum.com--Pendirian rumah sakit (RS) jangan hanya membangun untuk mendapatkan profit, tetapi kepentingan membangun kesehatan sosial.

 

Demikian ditegaskan Menteri Kesehatan (Menkes) Republik Indonesia Nila Djuwita F. Moeloek saat membuka Rapat Kerja Nasional Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Tahun 2017 di Ballroom Hotel Novotel, Bandarlampung, Rabu (25/10).

 

Menkes mengatakan, Kementerian Kesehatan (kemenkes) memiliki perencanaan dalam membangun kesehatan Indonesia. Untuk itu ada tiga pilar kesehatan yang diusung oleh Kemenkes.

 

"Tiga pilar kesehatan itu ialah paradigma sehat, promotif dan menggelar gerakan masyarakat hidup sehat (Germas). Untuk Lampung sendiri Germas sudah dilaksanakan dengan baik," ujar Nila.

 

Nila mengatakan, masyarakat harus sadar tentang kesehatan. Pasalnya saat ini baru 20% masyarakat yang sadar akan kesehatan. Untuk mewujudkan hal tersebut dibutuhkan beberapa indikator agar masyarakat mau hidup sehat.
 
Layanan primer di puskesmas, kata dia merupakan penjaga gawang bagi masyarakat untuk tetap sehat. Selain itu pendekatan keluarga, karena hal ini merupakan faktor pertama sarana edukasi dalam membentuk keluarga sehat. 

 

Sementara Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Sutono mengatakan membangun kesehatan adalah tugas bersama. Menurut dia, Gubernur dan pemerintah provinsi (pemprov) berkeyakinan untuk membuat program kesehatan adalah hal yang penting. 

 

Kesejahteraan masyarakat adalah hal yang penting, kata Sutono, terutama dalam hal kesehatan. Untuk itu Pemprov mengalokasikan 11,52 persen dari total APBD Provinsi Lampung untuk sektor kesehatan.

 

Selanjutnya dia berharap kedepan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Lampung dapat semakin baik dengan semakin ditingkatkannya sarana dan prasarana kesehatan di Bumi Ruwa Jurai ini.

 

"Dalam hal kesehatan, dokter perannya penting dan memiliki harapan besar dalam menyehatkan masyarakat. Pengobatan baik, tapi lebih baik mencegah. Dan itu telah diupayakan Provinsi Lampung dalam mencegahnya dengan menggalakkan gerakan masyarakat sehat," pungkasnya. (ira)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pj Gubernur: Sarana dan Prasarana Layanan Kes ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Memberikan layanan kesehatan, memerlukan ...


Peringati HUT ke-63, IKWI Lampung Gelar Disku ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke ...


Pemkab Pandeglang dan Astra Financial Resmika ...

MOMENTUM, Pandeglang --  Puskesmas Pembantu (Pustu) Pakulura ...


Pemkot Metro Fasiliasi Tiga Pasien Jalani Per ...

MOMENTUM, Metro--Pemerintah Kota (Pemkot) Metro memfasilitasi tig ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com