Karomani Ditangkap KPK, Unila Segera Umumkan Plt Rektor

Tanggal 21 Agu 2022 - Laporan Ira Widya. - 421 Views
Wakil Rektor IV Unila, Suharso.

MOMENTUM, Bandarlampung--Setelah Rektor Universitas Lampung (Unila), Prof. Karomani ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan menjadi tersangka suap, Unila segara mengumumkan pelaksana tugas (Plt) rektor.

Menurut Wakil Rektor IV Unila, Suharso, dalam waktu dekat Unila akan segera umumkan nama Plt Rekor Unila.

Menurut Suharso, Unila saat ini menunggu pengumuman dan mendiskusikan dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, riset, dan teknologi (Kemendikbud Ristek) terkait jabatan rektor.

"Berdasarkan hasil rapat, terkait dengan pimpinan Unila, kementerian pada hari ini akan menetapkan plt rektor paling lambat besok (Senin 22-8)," ujar Suharso saat konferensi pers di Gedung Rektorat Unila, Minggu (21-8-2022).

Sementara terkait rencana pelantikan Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan (FKIP) terpilih Muhammad Basri yang seharusnya digelar Senin (22-8) besok, terpaksa ditunda.

Suharso mengungkapkan, penundaan tersebut dilakukan lantaran menunggu terlebih dahulu Plt rektor baru yang ditunjuk Kemendikbud Ristek.

"Untuk Pelantikan dekan FKIP akan dilakukan setelah terbentuk Plt rektor. Sebab, beliau yang akan mengambil langkah-langkah untuk menetapkan Plt dekan FKIP juga," ungkapnya.

Sebelumnya, Ketua Senat Universitas Lampung (Unila) yang juga Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) terpilih Muhammad Basri terancam gagal dilantik.

Sebab, M Basri turut terseret dalam pusaran kasus suap Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Unila jalur mandiri. Penetapan tersebut dilakukan Minggu (21-8-2022) oleh Tim KPK di gedung merah putih.

M. Basri ditetapkan sebagai tersangka bersama dengan rektor Unila Karomani, Heriyadi selaku Wakil Rektor bidang Akademik, dan Andi Desfiandi selaku pihak swasta. Keempatnya juga kini ditahan KPK.

"MB (M Basri) ditahan di Rutan KPK pada Pomdam Jaya Guntur," ujar Direktur Penyidikan KPK Asep Guntur Rahayu dalam konferensi pers di kantor KPK, Minggu (21-8).

Informasi yang dihimpun harianmomentum.com, M Basri dijadwalkan akan dilantik sebagai Dekan FKIP Unila, Senin (22-8) besok.

Rencana pelantikan sudah dijadwalkan sejak beberapa silam, sebelum OTT KPK atas dugaan korupsi penyuapan Seleksi Mandiri Masuk Universitas Lampung (Simanila) tahun 2022.

Ketua Senat Unila ini terpilih sebagai Dekan FKIP Unila periode 2022-2026. Dalam pemungutan suara, M Basri memperoleh 24 suara dari 25 suara yang ada. Kemenangan tersebut mengungguli dua kandidat lain, yakni Herpratiwi dan Nurhanurawati. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Seorang Penadah Motor Curian Ditangkap Polisi ...

MOMENTUM, Seputihbanyak--Setelah meringkus tiga orang pelaku penc ...


Lima Tahun Buron, Perncuri 52 Tabung Gas Dita ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Setelah sekitar lima tahun bersembunyi, pe ...


Polsek Punggur Bekuk DPO Pelaku Curat ...

MOMENTUM, Punggur--Gerak cepat jajaran Team Khusus Anti Bandit (T ...


Polres Pringsewu Tangkap Remaja Curi Handphon ...

MOMENTUM, Pringsewu--Aparat Polres Pringsewu menangkap remaja RA ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com