Bappeda Pringsewu Sosialisasi Penguatan Indeks Inovasi Daerah

Tanggal 23 Agu 2022 - Laporan Joko Sulistyo. - 466 Views
Sosialisasi Penguatan Indeks Inovasi Daerah dan Indeks Kepemimpinan Kepala Daerah di Kabupaten Pringsewu.

MOMENTUM, Pringsewu -- Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Pringsewu menggelar Sosialisasi Penguatan Indeks Inovasi Daerah dan Indeks Kepemimpinan Kepala Daerah.

Kegiatan berlangsung di Urban Hotel Pringsewu, Selasa (23/8/2022). Dibuka oleh Sekdakab Heri Iswahyudi. Diikuti sekitar 60 peserta terdiri para kepala organisasi perangkat daerah (OPD) dan Kepala Puskesmas.

Menghadirkan nara sumber deri Kepala Balitbang Provinsi Lampung Hamartoni Ahadis dan kabidnya serta pihak Bappeda setempat.

Menurut Kepala Bappeda Pringsewu, Ahmad Fadholi sosialisasi ini bertujuan mengakselerasi pengembangan inovasi dalam penyelenggaraan pemerintahan. Guna mendorong penerapan good govermance dalam tata pengelolaan pemerintahan, layanan publik, dan inovasi daerah.

"Tujuan akhir, menjadikan Kabupaten Pringsewu daerah yang terinovatif. Peningkatan kepemimpinan kepala daerah dengan harapan Bupati Pringsewu dapat naik panggung kembali," ucap Fadholi.

Selanjutnya dikatakan, salah satu indikator keberhasilan daerah adalah pencapaian inovasi daerah. Sehingga dapat mewujudkan peningkatan pelayanan kepada masyarakat dan pembangunan.

Sementara Sekdakab Pringsewu Heri Iswahyudi saat membuka kegiatan tersebut mengimbau seluruh peserta agar dapat berperan aktif mengikuti sosialsasi. Sebab, kegiatan tersebut merupakan momentum yang baik untuk lebih memahami IKKD.

“Mari kita duduk bersama-sama mencermati tentang Indeks Kepemimpinan Kepala Daerah (IKKD) untuk mengungkap kompetensi (kepala daerah), dan hal-hal yang perlu dibenahi sebab pemimpin memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing,” ungkapnya.

Menurutnya, IKKD tidak hanya menilai indikator capaian kinerja di bidang urusan pemerintahan daerah. Namun juga menampilkan penilaian kepemimpinan birokrasi dan kepemimpinan sosial dari kepala daerah.

“Kepala daerah juga akan dinilai bagaimana menyerap partisipasi dan komunikasi dengan masyarakat," kata Heri Iswahyudi.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Balitbang Provinsi Lampung Hamartoni Ahadis memaparkan tentang penguatan IKKD. Dia berharap kepada para kepala OPD dapat terus berinovasi mendukung program kepala daerahnya.

Hal itu dimaksudkan agar adanya peningkatan kinerja dari pimpinan kepala daerahnya."Sehingga harapan untuk meraih peningkatan penilaian prestasi diberbagai bidang dapat terwujud," kata Hamartoni. (*).

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Pj Bupati Lambar Buka TMMD ke 120 ...

MOMENTUM, Airhitam--Penjabar Bupati Lampung Barat (Lambar) Nukman ...


Selama Sepuluh Tahun Terakhir, Pemprov Pertah ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung be ...


DPRD Umumkan Akhir Jabatan Gubernur Lampung P ...

MOMENTUM, Bandarlampung--DPRD Provinsi Lampung mengumumkan dan me ...


Gubernur Buka Lampung Craft V ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Gubernur Arinal Djunaidi dan Ketua Dekra ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com