Gangguan Kesehatan Gigi dan Mulut Bisa Jadi Masalah Serius

Tanggal 13 Sep 2022 - Laporan Novita Sari. - 615 Views
Bupati Waykanan Raden Adipati Surya pada peringatan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional 2022 di SD Negeri 01 Pisangbaru, Bumiagung.

MOMENTUM, Waykanan -- Permasalahan gigi dan mulut masih menjadi salah satu isu kesehatan utama yang dialami setengah populasi dunia dari berbagai lapisan usia, termasuk di Indonesia.

Hal itu disampaikan Bupati Waykanan, Raden Adipati Surya pada peringatan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional (HKGN) 2022 serta Edukasi Pencegahan Covid-19 pada Anak Sekolah di SD Negeri 01 Kampung Pisangbaru Kecamatan Bumiagung, Senin (12-9-2022).

Menurut Adipati, ada tiga masalah umum terhadap kesehatan gigi dan mulut, yaitu karies gigi (gigi berlubang), gangguan pada gusi, dan kanker mulut.

"Masalah-masalah tersebut dapat menimbulkan masalah serius apabila tidak segera dilakukan perawatan sehingga membutuhkan penanganan medis yang komprehensif," ujar Bupati.
 
Untuk meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut, perlu dilakukan edukasi dan sinergi berbagai pihak.
Sehingga terbuka harapan untuk mencapai target Indonesia Bebas Karies 2030. "Hal ini selaras dengan tema kita hari ini: Pulih Bersama Dengan Senyum Sehat Indonesia,” katanya.
 
Melalui peringatan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional dan Edukasi Pencegahan Covid-19 Pada Anak Sekolah Tahun 2022 ini

Bupati berharap kegiatan ini dapat meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi belajar seiring meningkatnya derajat kesehatan anak khususnya kesehatan gigi dan mulut serta perilaku hidup bersih dan sehat di era pandemi Covid-19.

Peringatan HKGN 2022, dilakukan kegiatan Sikat Gigi Bersama Anak Indonesia dengan tema "Pulih Bersama dengan Senyum Sehat Indonesia".
 
Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Asisten I, Kadis Kesehatan, dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Pimpinan Kecamatan Bumi Agung, Ketua TP-PKK Kab. Waykanan dan Ketua DWP. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


RS Urip Sumoharjo Diduga Telantarkan Jenazah ...

MOMENTUM,Bandarlampung--Sebuah video yang dinarasikan ada seoaran ...


PWI Lampung Utara Berikan Bantuan kepada Bayi ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Pengurus PWI Lampung Utara memberikan bantu ...


Peringatan Hari Gizi Nasional, Royco Edukasi ...

MOMENTUM, Jakarta -- Peringatan Hari Gizi Nasional 2024, perusaha ...


Polres Pringsewu Baksos Pelayanan Kesehatan ...

MOMENTUM, Gadingrejo--Polres Pringsewu menggelar bakti sosial pel ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com