Dinas Kearsipan Pringsewu Gelar Sosialisasi Srikandi

Tanggal 14 Sep 2022 - Laporan Joko Sulistyo. - 423 Views
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pringsewu gelar sosialisasi kearsipan tentang pengenalan aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegritas (Srikandi).

MOMENTUM, Pringsewu -- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pringsewu menggelar sosialisasi kearsipan tentang pengenalan aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegritas atau Srikandi.

Kegiatan berlangsung di Hotel Regency, Gadingrejo, Rabu (14-9-2022). Diikuti sekitar 70 peserta perwakilan organisasi perangkat daerah di Kabupaten Prinsewu. Dengan narasumber dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dari Provinsi Lampung.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pringsewu Yanwir HK menjelaskan, pengertian aplikasi Srikandi adalah aplikasi umum bidang kearsipan dinamis merupakan kolaborasi antara Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Kementerian Pan-RB, Kementerian Kominfo dan BSSN.

Sosialisasi bertujuan meningkatkan kompetensi peserta dalam pengenalan aplikasi umum bidang kerarsipan dinamis.

Juga memahami digitalisasi Kearsipan,  mewujudkan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip di lingkungan Pemkab Pringsewu. Selanjutnya, mewujudkan Kabupaten Pringsewu yang tertib arsip sesuai kaidah standar tata kelola kearsipan, harapnya.

Yanwir menambahkan, hasil yang dicapai pada kegiatan tersebut, terlaksananya penerapan SPBE dan digitalisasi arsip di Kabupaten Pringsewu. Terlaksananya pengelolaan arsip dinamis sesuai dengan prinsip kaidah, standar kearsipan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Sementara Asisten III Sekdakab Pringsewu Hasan Basri mengatakan, suatu tata kelola kearsipan wajib dipahami seluruh perangkat daerah, karena tata kelola yang baik dan inovatif sangatlah penting dalam mewujudkan pelayanan publik di area pengembangan yang dihadapi.

Hasan Basri berharap aplikasi ini, dapat mewujudkan suatu sistem persuratan/kearsipan yang bersifat digital tanpa terbatas pada jarak dan waktu, yang artinya dimanapun dan kapanpun proses administrasi dapat dilakukan sehingga dapat terekam dengan baik yang nantinya akan menjadi bukti akuntabilitas kerja.

Menurutnya, kunci keberhasilan penerapan aplikasi Srikandi terletak pada peran serta kerjasama seluruh perangkat daerah. Sehingga aplikasi dapat memberi manfaat dan dapat terintegrasi yang baik untuk pelayanan kearsipan baik internal maupun eksternal Pemerintah Kabupaten Pringsewu. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Dirawat di RSUAM, Satu JCH Lamtim Tunda Keber ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Satu jemaah calon haji (JCH) dari Lampun ...


Tunggulpawenang Bangun Jalan Rabat Beton Guna ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Pemerintah Pekon Tunggulpawenang, Kecamata ...


Tujuh Tungku Peleburan PT San Xiong Tidak Pe ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Lampung me ...


Warga Kalirejo Protes Soal Jalan Rusak, Dinas ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Warga Desa Poncowarno, Kecamatan Kalirej ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com