Pemkot dan Indomarco Gelar Pelatihan Kewirausahaan UMKM

Tanggal 23 Sep 2022 - Laporan Adipati Opie/Rio. - 151 Views
Wakil Walikota Metro Qomaru Zaman pada pembukaan Pelatihan Kewirausahaan UMKM.

MOMENTUM, Metro--Pemkot Metro bekerja sama dengan PT Indomarco Prismatama menggelar Pelatihan Kewirausahaan UMKM yang berlangsung di Hotel Grand Sekuntum Metro, Kamis (22-9-2022).

Deputy Branch Manager Indomaret Cabang Bandarlampung, Wahyudi Respinanto mengatakan kegiatan tersebut merupakan upaya membantu UMKM bangkit setelah krisis akibat pandemi Covid-19.

Selanjutnya diharapkan, kegiatan itu membuka ruang kemitraan Indomret dengan Pemerintah Kota Metro dan pelaku UMKM.

"Semoga adanya Indomaret di Kota Metro dapat memberikan manfaat bagi warga dan masyarakat Kota Metro. Kami ingin mengajak para pelaku UMKM untuk bisa masuk di gerai-gerai kami dengan memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku," katanya.

Wahyudi menilai dengan banyaknya produk-produk lokal yang bisa masuk dalam ritel Indomaret juga dapat mengerakan perekonomian di Kota Metro.

Sementara itu, Wakil Walikota Metro Qomaru Zaman mengatakan kehadiran Indomaret di Kota Metro yang sudah dimulai sejak 2003. Sampai 2022 sudah bediri 23 gerai.

"Kota Metro merupakan penyangga produk UMKM dari beberapa Kabupaten atau Kota,  karena Kota Metro adalah kota yang aman dan nyaman bagi pelaku usaha," paparnya.

Dalam kegiatan tersebut, Qomaru meminta kepada pengusaha-pengusaha besar yang ada di Kota Metro untuk dapat menghadirkan kesejahteraan untuk masyarakat kota Metro dengan merekrut dan memperkerjakan karyawan dari wilayah Kota Metro.

Wakil Walikota Metro berharap pengusaha di Kota Metro dapat mendorong dan mendukung kegiatan transaksi ekonomi dan bisnis yang ada di Kota Metro.

"Meski Kota Metro merupakan Kota yang kecil tetapi semangat dan spiritnya masyarakat Kota Metro untuk mengangkat kesejahteraan lewat produk-produk UMKM tinggi sekali. Tinggal bagaimana pemerintah bersama pengusaha besar dapat hadir membantu pelaku UMKM untuk mendapatkan kesejahteraan, " ungkapnya.

Qomaru juga mengungkapkan bahwa Indomaret adalah bagian dari sebuah contoh kerjasama yang saling membutuhkan antara Pemerintah Kota Metro dan Indomaret atau sebaliknya. "Kegiatan ini merupakan salah satu yang dapat dilakukan oleh Walikota dan Wakil Walikota Metro untuk menguatkan semua produk unggulan di Kota metro, kalau perlu se-Indonesia, " ucapnya.

Kepala Dinas Koperasi, UMK, UM dan Perindustrian Kota Metro Siti Aisyah mengatakan pelatihan tersebut merupakan kerja sama Pemkot Metro dengan PT Indomarco Prismatama yang diikuti 75 peserta.

Aisyah meminta Indomarco memasukan produk UMKM Kota Metro melebihi dari kuota yang sudah ditentukan oleh pemerintah pada pasar ritel.  Pelaku UMKM yang belum bisa memasuki pasar ritel Indomarco agar memperbaiki dengan mengikuti persyaratan dan ketentuan yang ada di pasar modern.(**)

Editor: Muhammad Furqon

Comment

Berita Terkait


PLN Batalkan Program Kompor Listrik ...

MOMENTUM, Jakarta-- PT PLN (Persero) membatalkan program pengalih ...


Harga Telor dan Cabai di Metro Mulai Turun ...

MOMENTUM, Metro--Pemerintah Kota (Pemkot) Metro memastikan stok d ...


Gubernur Harapkan Produksi Beras Lampung Nomo ...

MOMENTUMTUM, Margatiga -- Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengha ...


Open House, PT KAI Tanjungkarang Ajak Masyara ...

MOMENTUM, Tanjungkarang--PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com