Lambar Dapat Penghargaan Opini WTP Kategori 10 Kali dari Kemenkeu

Tanggal 23 Sep 2022 - Laporan Sulemy Wahyu. - 377 Views
Bupati Lampung Barat, Parosil Mabsus dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

MOMENTUM, Jakarta -- Pemkab Lampung Barat (Lambar) menerima penghargaan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) atas diraihnya opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) kategori 10 kali berturut-turut.

Penghargaan diserahkan Menteri Kuanganan Sri Mulyani Indrawati kepada Bupati Lambar Parosil Mabsus dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah 2022 di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (22-9-2022).

Penghargaan Kemenkeu tersebut diberikan Kementerian Keuangan kepada kabupaten/kota yang telah meraih WTP minimal 5 kali, 10 kali, dan 15 kali secara berturut-turut.

Sampai tahun 2021, Lambar telah meraih WTP sebanyak 12 kali secara berturut-turut. Sehingga Kabupaten Lampung Barat berkesempatan mendapatkan penghargaan tersebut.

Dalam Rakernas yang diikuti seluruh provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia itu juga diadakan talk show dengan tema "mengawal akuntabilitas keuangan dan kinerja untuk pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat".

Pada kesempatan itu, Sri Mulyani Indrawati mengatakan penghargaan itu diberikan kepada daerah yang dinlai melakukan pencapain yang luar biasa dalam membangun tata kelola keuangan negara, yang sangat penting APBN dan APBD bermanfaat dalam memecahkan masalah yang dihadapi Indonesia.

Menurut dia, ini bukan pencapain yang biasa karena dapat menjaga akuntabilitas keuangan negara selama pandemi. Dalam dua tahun terakhir, program khusus penanganan covid, APBN dan APBD merupakan andalan utama dalam menjalankan program baik di bidang ekonomi ataupun kesehatan.

Laporan penyelenggaraan Rakernas dari Dirjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan Hadiyanto, mengatakan kegiatan untuk memberikan apresiasi atas raihan opini WTP,  mewujudkan penguatan kualitas dan akuntabilitas keuangan dan kinerja pemerintah, meningkatkan awereness dan menjaga komitmen serta kebersamaan langkah dalam percepatan pemulihan dan kebanglitan ekonomi nasional.

Dalam kesempatan itu, Parosil mengatakan penghargaan tersebut didedikasikan untuk masyarakat Lampung Barat.

Parosil pun menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat atas dukungannya sehingga berhasil mendapat penghargaan tersebut.

"Penghargaan ini kami dedikasikan untuk masyarakat Lampung Barat," ucapnya.

"Terima kasih untuk dukungannya selama ini sehingga hari ini kita kembali mendapatkan penghargaan," tambahnya.

Kemudian, pihaknya juga menyampaikan hasil yang di dapat tidak terlepas dari kerja keras semua jajaran Pemkab Lambar, sehingga Lambar 12 kali berturut turut mendapatkan penghargaan WTP.

Parosil berharap, WTP tersebut dapat terus dipertahankan sebagai wujud kinerja yang baik dari jajaran Pemkab Lampung Barat.

"Mari kita pertahankan dan tingkatkan kinerja kita, untuk membangun kabupaten Lampung Barat yang Hebat dan Sejahtera," katanya. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Pj Bupati Kunjungi Keluarga Dini, Pelajar yan ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Penjabat Bupati Pringsewu Marindo Kurniawa ...


Tahun 2023, Realisasi KUR Pertanian Tembus Rp ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Realisasi kredit usaha rakyat (KUR) untu ...


Bupati Pesawaran Apresiasi Gerakan Sinergi Re ...

MOMENTUM, Gedongtataan--Gerakan Sinergi Reforma Agraria adalah bu ...


Gelar Lampung Half Marathon, Pemprov Libatkan ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemerintah Provinsi kembali menggelar L ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com