Gubernur Harapkan Produksi Beras Lampung Nomor Tiga Nasional

Tanggal 27 Sep 2022 - Laporan Arif Fahrudin - 436 Views
Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menanam bibit alpukat di daerah Bendungan Margatiga, Lampung Timur.

MOMENTUMTUM, Margatiga -- Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengharapkan produksi beras di daerah ini terus meningkat. Sehingga bisa menjadi penyumbang beras nomor tiga nasional.

Pada saat ini, Lampung menghasilkan beras sekitar tiga juta ton per tahun. Dengan jumlah tersebut, Lampung menjadi penyumbang beras keenam nasional.

"Kami berharap produksi padi terus meningkat sehingga bisa masuk tiga besar (nasional)," ujar Arinal saat menanam alpukat di wilayah Bendungan Margatiga, Lampung Timur, Selasa 27 September 2022.

Turut hadir pada acara tersebut, Kapolda Lampung Irjen Pol. Ahmad Wiyagus, Kapolres Lamtim AKBP Zaky Alkazar Nasution, Bupati Lamtim M.Dawam iRahardjo serta Dandim 0429 Letkol Indra Puji Triwanto.

Menurut Arinal, pemerintah terus berupaya meningkatkan infrastruktur pertanian. Salah satunya, Bendungan Margatiga yang direncanakan mampu mengairi 15 ribu hektare sawah di wilayah Lampung Timur.

Penamanan tanaman buah-buahan tersebut, kata dia, untuk menjaga kelestarian lingkungan sehingga bendungan tidak kekeringan.

"Program penghijauan di sekitar Bendungan Margatiga itu merupakan salah satu upaya untuk menjaga ketersediaan air dan pelestarian lingkungan," kata Arinal.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung Alexander Leda mengatakan, bendungan tersebut akan diresmikan Presiden RI Joko Widodo pada akhir Desember 2022.

Penghijauan di sekitar bendungan dilakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan. "Khusus wilayah Bendungan Margatiga ini spesial ditanami dengan buah-buahan. Hari ini kita tanam 1700 lebih bibit buah alpukat," kata Alex. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


'Ngabuburit' Sambil Melihat Satwa di Lembah H ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Taman Wisata dan Taman Satwa Lembah Hija ...


Lenovo Hadirkan Think Station P8, Workstation ...

MOMENTUM, Jakarta -- Lenovo meluncurkan Think Station P8 di Indon ...


BI Lampung Layani Penukaran Uang di Kapal Pel ...

MOMENTUM, Lampung--Bank Indonesia Provinsi Lampung memperluas lay ...


Safari Ramadan, PLN Nusantara Power Jamin Pas ...

MOMENTUM, Tarahan -- PT PLN Nusantara Power Unit Pembangkit Tarah ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com