35 Desa di Mesuji Terapkan Program Smart Village

Tanggal 11 Okt 2022 - Laporan Arifin. - 505 Views
Tim program Smart Village bersama Kepala Bidang (Kabid) Kelembagaan dan Ekonomi Desa PMD, Rahmatullah memberikan penjelasan kepada Ketua PKK Mesuji Pori Karlia Sulpakar di aula Desa Mekarjaya, Kecamatan Tanjungraya.

MOMENTUM, Tanjungraya -- Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Mesuji terus berupaya meningkatkan pelayanan masyarakat berbasis digital melalui program smart village (desa cerdas).

Hal itu disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Kelembagaan dan Ekonomi Desa PMD Mesuji, Rahmatullah kepada Ketua PKK Kabupaten Mesuji Pori Karlia Sulpakar di aula Desa Mekarjaya, Kecamatan Tanjungraya, Mesuji, Selasa (11/10/2022)

Disebutkan, pada saat ini, 35 dari 105 desa di tujuh kecamatan yang ada di Kabupaten Mesuji, telah tedaftar dan menjadi lokasi pelaksanaan program smart village.

Terkait dengan program tersebut, kata dia, pemerintah memberikan pelatihan operator agar dapat menerapkan progam smart village. Seperti, mengimput data penduduk dan data pendukung lainnya dalam smart village.

Dengan demikian, pemerintah desa bisa lebih cepat dalam memberikan pelayanan administrasi yang dibutuhkan masyarakat, lanjutnya.

Menurut dia, program tersebut dibaiayai Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa dan Transmigrasi (PMDT) Provinsi Lampung. "Tentu, masih banyak keterbatasan dalam pengoperasian smart village," katanya.

Ke depan diharapkan desa dapat menganggarkan perangkat lunak aplikasi premium, sesuai kebutuhan masing-masing desa. Sehingga pengoperasian aplikasi smart village bisa lebih mudah dan bisa diandalkan serta memudahkan masyarakat. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Pemprov Lampung Silaturahmi dengan Pangdam II ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Pemerintah Provinsi Lampung menggelar ...


Transaksi e-Katalog di Lampung Tembus Rp826,7 ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Jumlah transaksi katalog elektronik (e-k ...


Penjabat Bupati Pringsewu Berkunjung ke Rumah ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Penjabat Bupati Pringsewu, Marindo Kurniaw ...


Baturaja Bangun Sejumlah Infrastruktur dengan ...

MOMENTUM, Kotabumi--Pemerintah Desa Baturaja Kecamatan Sungkai Ut ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com