Pasar Modal Indonesia Menuju Ekonomi Kuat Berkelanjutan

Tanggal 18 Okt 2022 - Laporan Nurjanah/rls - 363 Views
Capital Market Summit & Expo (CMSE) 2022.

MOMENTUM, Jakarta--Gelaran acara Capital Market Summit & Expo (CMSE) 2022 mengusung tema “Pasar Modal untuk Semua Menuju Ekonomi Kuat Berkelanjutan” yang merupakan kerja sama PT Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) dan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) serta didukung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), baru saja berakhir setelah 3 hari penyelenggaraan pada tanggal 13-15 Oktober 2022 lalu.

Kegiatan yang merupakan bagian dari peringatan 45 Tahun Diaktifkannya Kembali Pasar Modal Indonesia dan Bulan Inklusi Keuangan ini berjalan dengan meriah, bahkan mencatat berbagai pencapaian baru dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Direktur Pengembangan BEI Jeffrey Hendrik mengatakan bahwa CMSE 2022 dibuat masih dalam konsep summit dan expo secara virtual menggunakan aplikasi berbasis website serta mobile apps, agar inklusif sekaligus mampu menjangkau seluruh investor dan masyarakat luas di Indonesia dengan memanfaatkan solusi digital.

“Merespon antusiasme serta permintaan para peserta CMSE 2022 ini, maka kami akan tetap membuka layanan CMSE 2022 melalui virtual venue pada situs web cmse.id, sehingga pengunjung tetap dapat menikmati expo. Kami juga akan menyediakan fitur untuk memutar ulang (replay) seluruh sesi webinar yang telah berlangsung,” ujar Jeffrey.

Sampai dengan hari Sabtu (15/10), antusiasme peserta terlihat dari total peserta (booth visitor dan summit viewers) yang tercatat sebanyak 111.441 peserta. Hal ini menjadi torehan rekor baru melampaui tahun sebelumnya yang berjumlah 101.443 peserta. Terdapat pula peningkatan pada jumlah pendaftar, yaitu dari 20.201 pendaftar pada CMSE 2021 menjadi 24.277 pada penyelenggaraan tahun ini. Ajang CMSE 2022 didominasi oleh generasi milenial sebanyak 52.9 persen serta Gen Z sejumlah 25.5 persen yang berasal dari dalam dan luar negeri.

Total pengunjung 132 booth di CMSE 2022 adalah sebanyak 88.976 dan dari 9 seminar yang dapat disaksikan dari situs web cmse.id, direct link, hingga kanal YouTube mencapai 22.465 pemirsa.

Keduanya melampaui pencapaian tahun lalu yang masing-masing sebanyak 82.469 dan 16.878.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia Airlangga Hartarto dalam sambutannya pada acara Pembukaan CMSE 2022 mengapresiasi kinerja pasar modal Indonesia di tengah volatilitas tinggi secara year-to-date, masih mampu memperlihatkan return yang baik dibandingkan dengan bursa lainnya, dan menyampaikan bahwa lebih dari 800 perusahaan tercatat saat ini yang terus bertambah akan menjadi modal perekonomian nasional ke depan.(**)

Editor: Agus Setyawan


Comment

Berita Terkait


Safari Ramadan, Direktur Pemasaran PTPN Holdi ...

MOMENTUM, Bungamayang--Direktur Pemasaran PTPN III Holding Dwi Su ...


'Ngabuburit' Sambil Melihat Satwa di Lembah H ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Taman Wisata dan Taman Satwa Lembah Hija ...


Lenovo Hadirkan Think Station P8, Workstation ...

MOMENTUM, Jakarta -- Lenovo meluncurkan Think Station P8 di Indon ...


BI Lampung Layani Penukaran Uang di Kapal Pel ...

MOMENTUM, Lampung--Bank Indonesia Provinsi Lampung memperluas lay ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com