Pekan Kebudayaan Daerah, Digelar Beragam Lomba

Tanggal 19 Okt 2022 - Laporan Agus Setiawan. - 627 Views
Lomba kaligrafi aksara Lampung pada Pekan Kebudayaan Daerah Lampung Tengah.

MOMENTUM, Gunungsugih -- Pemkab Lampung Tengah (Lamteng) menggelar Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) 2022 di Sesat Agung Nuwo Balak, Gunungsugih.

PKD yang akan berlangsung hingga 26 Oktober 2022, itu dibuka secara resmi oleh Assisten Bidang Administrasi Umum Pemkab Lamteng, Eko Dian Susanto, mewakili Bupati Musa Ahmad pada Rabu, 19 Oktober 2022.

Menurut Eko Dian Susanto, pelestarian serta aktualisasi adat dan budaya daerah sangat besar manfaatnya bagi kelangsungan hidup generasi muda saat ini dan dimasa yang akan datang.

“Potensi adat dan budaya Lampung Tengah wajib dikembangkan dan dilestarikan, sebagai warisan leluhur yang dapat dijadikan kebanggaan. Terutama dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi Kabupaten Lampung Tengah,” kata Eko membacakan sambutan Bupati Lamteng Musa Ahmad.

Dikatakannya, Lamteng memiliki potensi yang besar dalam bidang kebudayaan dan pariwisata. Hal ini dapat terlihat dengan keberagaman masyarakatnya yang berasal dari berbagai suku yang mampu menjalin kehidupan yang harmonis dan damai.

“Dengan budaya dapat berfungsi sebagai alat perekat guna mempererat rasa kebersamaan sehingga tercipta rasa aman dan sejahtera bagi masyarakat,” jelasnya.

Eko Dian Susanto berharap Pekan Kebudayaan Daerah Kabupaten Lampung Tengah 2022 dapat menjadi sarana dalam upaya melestarikan budaya lokal, kreatifitas, dan motivasi generasi muda, untuk mencintai dan mengembangkan budaya Kabupaten Lampung Tengah.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lamteng, Syarif Kusen, menyampaikan bahwa kegiatan PKD ini memiliki tujuan yang sangat jelas.

“Yaitu melestarikan budaya lokal sekaligus menggali potensi budaya dan memotivasi generasi muda untuk mencintai dan mengembangkan budaya daerah di Kabupaten Lampung Tengah,” ucapnya.

Menurut Kusen, PKD Lampung Tengah tahun 2022 berlangsung mulai 18 sampai 26 Oktober. Ada sejumlah cabang perlombaan yang dilombakan serta beberapa kegiatan lainnya.

Mereka yang menjadi sasaran dari seluruh kegiatan adalah siswa siswi SD dan SMP perwakilan seluruh kecamatan di Lampung Tengah.

Adapun lomba yang akan dilaksanakan, diantaranya Lomba Cerdas Cermat Bahasa Lampung, Lomba Sastra Daerah Lampung (Sagata dan Ringget), serta lomba kaligrafi aksara Lampung.

Kemudian Lomba Olahraga Tradisional (Egrang Batok), Lomba Cerdas Cermat Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Mata Pelajaran (SD), Lomba Cerdas Cermat Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Mata Pelajaran (SMP), Lomba Cerdas Cermat Benda Cagar Budaya (BCB), Museum dan Kebudayaan, serta Pembinaan Arkeologi dan Workshop Data Pokok Kebudayaan (Dapobud).

Pada setiap lomba, pihaknya menghadirkan dewan juri dari berbagai unsur. Yakni dari Universitas Lampung, Kantor Bahasa Provinsi Lampung, Praktisi Bahasa Lampung, Tim Pembvina Bahasa dan Aksara Lampung, Tim Ahli Cagar Budaya Provinsi Lampung, MGMP Bahasa dan Sastra Daerah Lampung, MGMP Seni dan Budaya Lampung serta Sahabat Budaya Lampung Tengah.

Gelar Dua Perlombaan

Pada hari pembukaan PKD Lamteng, Rabu (19/10/2022), digelar dua perlombaan.

Pertama lomba cerdas cermat bahasa Lampung tingkat SMP yang telah memasuki putaran final, serta lomba kaligrafi aksara Lampung tingkat SD serta SMP.

Pemenang lomba cerdas cermat Bahasa Lampung adalah SMPN 3 Terusannunyai, disusul juara 2 SMPN 1 Gunungsugih serta juara 3 diraih oleh SMPN 3 Terbanggibesar.

Lalu juara harapan 1 adalah SMPN 1 Seputihraman, juara harapan 2 SMPN 1 Bangunrejo dan juara harapan 3 SMPN 1 Kotagajah.

"Mereka yang keluar sebagai juara berhak mendapat uang pembinaan, piala, trofi khas Lampung Tengah dan piagam,” kata Kabid Kebudayaan Linggar Nunik Kiswari.

Sedangkan pemenang lomba kaligrafi aksara Lampung tingkat SD adalah dari SD Muhammadiyah Bandarjaya, juara 2 dari SD IT Insan Kamil, dan juara 3 dari SDN 1 Gunungmadu.

Kemudian juara harapan 1 diraih peserta berasal dari SDN 3 Bandarjaya dan juara harapam 2 serta harapan 3 diraih siswa asal SD IT Insan Kamil Terbanggibesar.

Untuk pemenang lomba kaligrafi aksara Lampung tingkat SMP yakni siswa dari SMPN 3 Terbanggibesar. Juara 2 dan 3 disabet oleh siswa SMPN 1 Terbanggibesar.

Juara harapan 1 diraih siswa dari SMP Satya Dharma Sudjana Terusannunyai, juara harapan 2 dari SMPN 1 Seputihraman dan juara harapan 3 adalah siswa dari SMPN 4 Terbanggibesar. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Kontes Bonsai HUT Tubaba, Bonsai Serut dari B ...

MOMENTUM, Panaragan--Bonsai serut milik Supriyadi Alfian dari Ban ...


Artc Corner, Studio Lukis yang Menawarkan Art ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kabar gembira bagi pecinta seni di Banda ...


Puluhan Grup Nyambai Bertarung di Pesagi Cult ...

MOMENTUM, Liwa -- Puluhan grup nyambai bertarung dalam Pesagi Cul ...


Belasan Grup Ikut Festival Kuda Kepang di Pri ...

MOMENTUM, Pringsewu--Sedikitnya 15 grup kesenian kuda kepang dari ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com