Inovator dari Tubaba Juara Nasional Lomba Teknologi Tepat Guna

Tanggal 19 Okt 2022 - Laporan Solihin Naday. - 550 Views
Pj Bupati Tulangbawang barat Zaidirina saat menerima piagam penghargaan dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

MOMENTUM, Cirebon -- Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) meraih juara pertama tingkat nasional dalam Lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) XXIII.

Acara yang digelar di Kota Cirebon, Provinsi Jawa Barat, itu dibuka oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar.

"Alhamdullilah, Kabupaten Tulangbawang Barat meraih Juara 1 Nasional Lomba Teknologi Tepat Guna Unggulan. Tubaba diwakili oleh inovator dari Tiyuh/Desa Mekarasri Kecamatan Tulangbawang Tengah," kata Kadis Kominfo Tubaba Eri Budi Santoso, mendampingi Pj Bupati setempat Zaidirina, Rabu (18/10/2022).

Hadir dalam penerimaan piala juara tersebut, Penjabat Bupati Tulangbawang Barat Zaidirina, didampingi Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Tiyuh Sofyan Nur, Camat Tulangbawang Tengah Achmad Nazarudin, dan inovatornya Heri Irawan dan Yuli Sunaryo.

"Setelah melalui tahapan yang cukup panjang, akhirnya meraih juara tingkat nasional. Menyisihkan 16 finalis dari 16 provinsi di Indonesia," kata Ebek, panggilannya.

Ia berharap, keberhasilan itu akan memotivasi masyarakat Tubaba untuk menciptakan inovasi baru yang dapat membantu masyarakat serta meningkatkan perekonomian dan daya saing daerah," ungkapnya.

Ebek menjelaskan, inovasi yang meraih juara nasional itu berupa alat pencacah dan penepung multiguna, yang dapat digunakan untuk mencacah pakan ternak.

"Seperti pelepah sawit, batang singkong, rumput hijauan dan lain sebagainya. Selain itu juga alat ini bisa digunakan untuk menepung beras, jagung, gaplek, kopi dan lainnya. Alat ini sangat bernilai ekonomis dan mudah digunakan," urainya. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Xiaomi Indonesia hadirkan Redmi Note 13 dan d ...

MOMENTUM, Jakarta -- Xiaomi Indonesia hadirkan Redmi Note 13 dan ...


Komisaris PTPN I: Waspadai Pestalotiopsis dan ...

MOMENTUM, Palembang -- Roda bisnis PT Perkebunan Nusantara (PTPN) ...


PT RPN Salurkan Dana TJSL kepada Anak Yatim d ...

MOMENTUM, Bogor – Dalam setiap proses bisnis, PT Riset Perkebun ...


Kebun Cinta Manis Siap Pasok Tebu Berkualitas ...

MOMENTUM, Ogan Ilir--Kebun tebu Cinta Manis yang dikelola PT Buma ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com