Tanaman Jagung Rusak Akibat Banjir, Diusulkan Dapat Bantuan Benih

Tanggal 01 Nov 2022 - Laporan Adipati Opie/Rio - 904 Views
Ladang jagung di Kecamatan Metro Selatan yang terendam banjir beberapa waktu lalu.

MOMENTUM, Metro--Tanaman jagung yang rusak dan gagal panen akibat banjir di Kota Metro seluas 4,5 hektare, diusulkan mendapat bantuan benih jagung.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Metro, Herry Wiratno mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan provinsi untuk memberikan benih jagung terhadap 4,5 hektare kebun jagung yang rusak terendam air.

"Pascabanjir biasanya ada pergantian benih. Untuk ini, kita juga belum tau akan mendapatkan bantuan apa nantinya. Intinya kita sudah mengajukan, eksekusinya ranah provinsi," kata dia, Selasa (1-11-2022)

Rencananya, pemerintah provinsi (pemprov) akan melakukan tinjauan dan evaluasi ke lahan tersebut dalam waktu dekat.

Dia menambahkan, saat ini memang DKP3 tidak menganggarkan untuk memberikan bantuan karena insiden banjir. Namun, yang telah menyiapkan hanyalah provinsi.

"Intinya kita berkolaborasi dan melakukan pendataan terlebih dahulu. Supaya, pascabanjir ini petani bisa langsung menanam kembali," tambahnya.

Sementara untuk asuransi, lanjutnya, pada masa taman (MT) 3 ini, petani tidak mengajukan asuransi. Sehingga, bisa mengklaim kerugian pasca banjir.

"Memang, pada MT 3 ini petani tidak mengajukan. Asuransi itu usulan dan kemauan petani. Kalau bencana ini kan tidak bisa diprediksi, dan rata-rata mereka tidak mengajukan," ungkapnya.

"Biasanya satu tahun mereka mendeteksi apakah wabah atau bencana yang akan terjadi. Hal-hal semacam ini perlu koordinasi, dan petani harus menyiapkan dan melaporkan ke Dinas," lanjutnya.

Herry menyebut, banjir yang melanda Kota Metro tidak terdampak ke persawahan yang ada di lima kecamatan lainnya. Hal tersebut dikarenakan, lahan persawahan di Bumi Sai Wawai masih memasuki tahap pengolahan lahan.

"Beberapa wilayah masih proses pembajakan. Seperti di Metro Timur, Utara dan Pusat. Di lokasi yang terdampak banjir kemarin belum ada yang memasuki masa tanam. Sehingga tidak ada yang terdampak," katanya. (**)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Denny Ramadhan: “Aksi Korporasi PTPN Group ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Pasca pembentukan Holding pada 2014, PT ...


Optimalisasi Aset Potensial, Menjadi Fokus Ut ...

MOMENTUM, Medan -- Setelah melebur ke dalam Supporting Co, P ...


Telkomsel Luncurkan Layanan eSIM, Pelanggan B ...

MOMENTUM, Jakarta -- Telkomsel meluncurkan layanan Embedded Subsc ...


Ada Fasilitas Teranyar di L-Online Bank Lampu ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Bank Lampung terus berinovasi untuk meni ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com