Aparat Polsek Pantau Toko Obat dan Apotek

Tanggal 02 Nov 2022 - Laporan Solihin Naday. - 751 Views
Bhabinkamtibmas Polsek Tulangbawang Tengah, Tulangbawang Barat memonitor penjualan obat sirup yang ditarik dari peredaran.

MOMENTUM, Panaragan - Bhabinkamtibmas Polsek Tulangbawang Tengah, Tulangbawang Barat (Tubaba) mengimbau pemilik apotek dan toko obat tidak menjual obat-obatan yang ditarik izin peredarannya oleh Badan Pengawas Obat-obatan dan Makanan (BPOM).

Obat-obatan ditarik dari peredaran karena berbahaya bagi anak, sesuai laporan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) terkait meningkatnya kasus gagal ginjal akud pada anak.

Kapolres Tulangbawang Barat, AKBP Sunhot P. Silalahi, melalui Kapolsek Tulangbawang Tengah, AKP Ansori mengatakan, imbauan tersebut didasari atas informasi tentang hasil pengawasan BPOM terhadap sirup obat diduga menyebabkan gagal ginjal pada anak.

“Sampai 18 Oktober 2022, Kemenkes RI telah mencatat 206 orang dari 20 provinsi yang mengalami gagal ginjal akut. Sebanyak 99 anak meninggal dunia," kata Ansori, Rabu 2 November 2022.

Dalam kegiatan tersebut, kata dia, aparat kepolisian bekerja sama dengan petugas kesehatan untuk memberikan info dan edukasi kepada pemilik apotek dan toko obat.

“Tujuan kegiatan, agar para pelaku apotek paham dan mengerti akan bahaya obat sirup untuk anak-anak yang di perjualbelikannya, dan terhindarnya hal-hal yang tidak diinginkan akibat pengunaan obat sirup untuk anak,” harapnya. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Rudapaksa Anak di Bawah Umur, Pria Paruh Baya ...

MOMENTUM, Rumbia -- Seorang pria 50 tahun berinisial MR tega meru ...


Gasak Motor di Parkiran, Pria Asal Lamteng Di ...

MOMENTUM, Pringsewu--Tim Khusus Antibandit (Tekab) Presisi Polres ...


Polsek Seputihbanyak Tangkap Pencuri Kambing ...

MOMENTUM, Seputihbanyak--Jajaran Polsek Seputih Banyak, Polres La ...


Polsek Bangun Rejo Dalami Kasus Penemuan Maya ...

MOMENTUM, Bangunrejo--Warga Kampung Tanjung Jaya, Kecamatan Bangu ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com