Kementerian KKP akan Bangun BBI Air Tawar di Mesuji

Tanggal 05 Nov 2022 - Laporan Arifin. - 475 Views
Bupati Mesuji Sulpakar dan Direktur Jenderal Perikanan Budidaya KKP Tb.Haeru Rahayu di Mesuji, menunjukkan naskah penyerahan sertifikat lahan untuk BBI air tawar, Jumat 4 November 2022.

MOMENTUM, Mesuji -- Kementerian Kelautan dan Perikanan akan membangun Balai Beih Ikan (BBI) Air Tawar di Desa Bukoposo, Kecamatan Wayserdang, Kabupaten Mesuji.

BBI air tawar itu akan dibangun di atas lahan seluas 49.843 meter persegi. Direncanakan terbesar kedua di Sumatera setelah yang ada di Provinsi Jambi.

Pemkab Mesuji menyerahkan sertifikat lahan untuk calon lokasi pembangunan BBI tersebut kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (KKP).

Penyerahan sertifikat ditandatangani Pejabat (Pj) Bupati Mesuji Sulpakar dan Direktur Jenderal Perikanan Budidaya KKP Tb.Haeru Rahayu di Mesuji, Jumat 4 November 2022.

Dihadiri Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Mesuji Ripriyanto, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman Mesuji Murni, dan  sejumlah pejabat setempat.

PJ Bupati Mesuji mengatakan, penyerahan sertifikat tanah di Desa Bukoposo ke KKP-RI diharapkan mampu meningkatkan kejayaan ikan air tawar sekaligus sentra penghasil ikan air tawar," ucapnya.

Sementara Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Mesuji Ripriyanto menjelaskan, Pemkab Mesuji hanya menyiapkan lahan. Yang mengerjakan pihak KKP-RI mulai dari proses pembangunan sampai fisiknya.

Untuk proses pembangunan di tahun 2022 ini baru tahap master plan dan DID. Sedangkan bangunan fisik akan dilaksanakan pada tahun 2023.

"Sebagaimana kita ketahui se-Indonesia ini hanya ada 15 unit pelaksana teknis dinas (UPTD) BBI. Untuk Sumatera adanya hanya di Provinsi Jambi, dan Provinsi Lampung insya Allah di Mesuji ini," pungkasnya. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Sheraton Lampung Hadirkan Konsep 'All Inclusi ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sheraton Lampung Hotel merupakan satu-sa ...


50 Pembatik Lampung Mengikuti Sertifikasi Kom ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sebanyak 50 orang pembatik mengikuti Ser ...


Dukung Transisi Energi, Pertagas Jalin Kerja ...

MOMENTUM, Jakarta -- PT Pertamina Gas (Pertagas) dan PT Pertamina ...


Paca Idulfitri, PLN Nusantara Power Pastikan ...

MOMENTUM, Tarahan -- PLN Nusantara Power (PLN NP) memastikan selu ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com