Buntut Adu Kambing, Operasional Kuala Stabas Belum Pasti

Tanggal 08 Nov 2022 - Laporan Vino Anggi Wijaya - 1188 Views
Dua Kereta Api (KA) Babaranjang dengan 60 gerbong bertabrakan di jalur 1 KM 471/2 Stasiun Rengas Kecamatan Bekri, Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng). Foto: IST

MOMENTUM, Bandarlampung--Operasional Kereta Api (KA) Kuala Stabas jurusan Tanjungkarang (Lampung) - Baturaja (Sumatera Selatan) belum dapat dipastikan.

Hal itu, buntut dari tabrakan alias adu kambing sesama KA Babaranjang dengan 60 gerbong yang terjadi di jalur 1 KM 471/2 Stasiun Rengas, Kecamatan Bekri, Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng), Senin 7 November lalu.

Baca Juga: Dua Babaranjang Tabrakan di Lamteng

Kepala Bagian Humas PT KAI Divre IV Tanjungkarang Jaka Jarkasih mengatakan, belum beroperasinya KA pengangkut penumpang tersebut, lantaran adanya suatu hal yang perlu dinormalisasi pada layanan perlintasan.

"Jadi, untuk KA penumpang Kuala Stabas akibat dari kejadian kemarin, ada hal-hal yang perlu kita normalisasi," kata Jaka saat dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (8-11-2022).

Menurut dia, jika moda angkutan massal itu dipaksakan beroperasi, maka dikhawatirkan terjadi penumpukan penumpang di stasiun. Akibat adanya perbaikan.

"Pasti terlambat. Jelas terjadi penumpukan, kasihan penumpang. Nanti komplain," ujarnya.

Karena itu, Jaka memastikan KA Kuala Stabas belum dapat beroperasi dan masih menunggu informasi terkait kelanjutan hal tersebut.

"Untuk besok pun kami masih menunggu informasi. Katanya tengah malam ini infonya untuk kepastian keberangkatan besok," jelasnya.

Sehingga, bagi calon penumpang yang telah membeli tiket Kuala Stabas jurusan Tanjungkarang - Baturaja maupun sebaliknya, dapat mengklaim pengembalian dana.

"Kalau ada pembatalan dari KAI, calon penumpang dipersilahkan membawa bukti tiket ke stasiun untuk pengembalian 100 persen," imbaunya.

Meski demikian, Jaka mengaku untuk kondisi trek alias perlintasan telah diperiksa dan dipastikan aman untuk dilalui KA.

"Kondisi trek barusan kami cek juga sudah aman. KA barang juga sudah lewat, kebetulan tadi KA penumpang jenis Ekspres Rajabasa jurusan Tanjungkarang - Kertapati (Sumatera Selatan) sudah jalan," terangnya.

Diketahui, jadwal keberangkatan KA Kuala Stabas jurusan Tanjungkarang - Baturaja pada waktu normal sehari dua kali perjalanan. Pukul 07.30 WIB dan 13.30 WIB. (**)

Editor: Vino Anggi Wijaya


Comment

Berita Terkait


Kunjungan Kerja Proyek Food Systems, Land Use ...

MOMENTUM, Semarang--Tim Deputy National Project Director Folur me ...


Maret 2024, BI: Indeks Keyakinan Konsumen Lam ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Keyakinan masyarakat Lampung terhadap ki ...


Kabar Gembira, RS Belleza Kedaton Kini Layani ...

MOMENTUM, Bandarlampung--'Kabar gembira bagi masyarakat Lampung. ...


Pabrik Gula SGN, Sudah Siap Memulai Giling 20 ...

MOMENTUM, Surabaya--Stok gula konsumsi nasional dalam waktu dekat ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com