Bangun Jembatan Merah, Lambar Kucurkan Dana Rp800 Juta

Tanggal 09 Nov 2022 - Laporan Sulemy Wahyu. - 628 Views
Jembata Merah di Taman Kota Hamtebiu, Kelurahan Pasarliwa, Balikbukit, Lampung Barat.

MOMENTUM, Balikbukit -- Pemerintah Kabupaten Lampung Barat (Lambar) mengucurkan dana cukup fantastis untuk membangun jembatan penyebrangan di Taman Kota Hamtebiu, Kelurahan Pasarliwa, Kecamatan Balikbukit.

Dana yang disalurkan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lambar untuk membangun jembatan yang akan diberi nama Jembatan Merah, itu mencapai Rp609 juta, bersumber dari ABPD tahun 2022.

Sebelumnya, DLH juga telah menggelontorkan anggaran Rp200 juta lebih pada tahuh 2019 yang diperuntukan sebagai pembangunan pondasi atau tapak kaki di dua sisi jembatan itu.

Dengan dua tahap pembangunan ini, Jembatan Merah Taman Kota Hamtebiu menelan anggaran APBD sebesar Rp800 juta lebih.

Kepala Dinas DLH, Hendri Faisal saat ditemui, Selasa (8/11/2022) mengatakan, bahwa pembangunan ditahun ini merupakan pembangunan lanjutan atau tahap dua yang peruntukan sebagai penyelesaian akhir jembatan.

Untuk saat ini, kata Hendri, pengerjaan fisik pembangunan Jembaran Merah telah rampung 100 persen dan telah diserahterimakan dari pelaksana kegiatan atau rekanan CV Bangun Karya Sakti kepada DLH setempat.

Dalam waktu dekat, DLH juga telah mempersiapkan seremonial peresmian Jembatan Merah yang akan dilaksanakan bersamaan dengan peresmian Gedung Budaya di Komplek Perkantoran Pemkab Lambar oleh Ketua DPR RI, Puan Maharani pada November.

"Pekerjaanya sudah selesai. Nunggu peresmian, rencananya peresmiannya barang dengan Gedung Budaya yang ada dikomplek pemda pada bulan ini," kata Hendri.
 
Masih kata Hendri, Jembatan Merah memiliki panjang 24 meter yang berfungsi sebagai sarana penyebrangan bagi pengunjung Taman Kota Hamtebiu.

Sementara salah satu pengunjung Taman Kota Hamtebiu mengatakan, karena belum dilakukan peresmian secara simbolis oleh Dinas/OPD terkait, Jembatan Merah belum boleh dilewati meski pengerjaannya sudah selesai.

"Masih ditutup belum boleh lewat, katanya nunggu diresmikan dulu baru boleh lewat. Tapi gak tau kapan," ucapnya. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Sheraton Lampung Hadirkan Konsep 'All Inclusi ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sheraton Lampung Hotel merupakan satu-sa ...


50 Pembatik Lampung Mengikuti Sertifikasi Kom ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sebanyak 50 orang pembatik mengikuti Ser ...


Dukung Transisi Energi, Pertagas Jalin Kerja ...

MOMENTUM, Jakarta -- PT Pertamina Gas (Pertagas) dan PT Pertamina ...


Paca Idulfitri, PLN Nusantara Power Pastikan ...

MOMENTUM, Tarahan -- PLN Nusantara Power (PLN NP) memastikan selu ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com