Tahun Depan, 387 Warga Mesuji Bekerja di Luar Negeri

Tanggal 15 Nov 2022 - Laporan Arifin. - 406 Views

MOMENTUM, Mesuji -- Sebanyak 387 warga Kabupaten Mesuji yang memenuhi syarat registrasi kerja di luar negeri. Mereka akan berangkat ke sejumlah negara pada tahun depan.

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) Kabupaten Mesuji mencatat pada periode Januari - November 2022, terdapat 387 warga yang akan menjadi pekerja migran atau kerja di luar negeri.

Menurut Kabid Perencanaan dan Penempatan Tenaga Kerja Mesuji Samsi Hermansyah, calon pekerja migran itu berasal dari tujuh kecamatan yang ada di Mesuji.

"Rencananya para calon pekerja akan berangkat pada tahun 2023. Negara tujuannya, Taiwan, Inggris, Hongkong, Malaysia, Polandia dan Singapura," katanya, Senin (14-11-2022).

Berdasarkan daftar Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P2MI), pekerja formal sebanyak 209 di pabrik dan 178 kerja nonformal sebagai pembantu rumah tangga, perawat jompo dan pengasuh bayi, ucapnya.

"Kami menerapkan beberapa persyaratan resmi/legal dari Kementerian Ketenagakerjaan bagi calon pekerja agar memudahkan proses penempatan maupun pemulangan," dia menambahkan.

Persyaratan yang harus dipenuhi, sebelum melakukan pemberangkatan yakni, Perjanjian Penempatan (PP), surat pengantar rekom ID, foto kopi KK, KTP, akte kelahiran dan ijazah terakhir selanjutnya surat izin suami/istri atau orang tua diketahui kepala desa, foto kopi buku nikah, foto kopi paspor dan kartu kuning AK 1.

"Tugas kami memandu dan menanyakan tujuan mereka. Jika semua prosedur terpenuhi secepatnya akan dikirim ke masing-masing perusahaan penyalur Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) untuk bahan pertimbangan," katanya.

Pada perode Januari - November 2022, tercatat 93 orang sudah berangkat ke luar negeri utuk bekerja. Sedangkan 49 orang habis masa kontrak tiga tahun dan sudah kembali ke daerah asal, katanya. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Paca Idulfitri, PLN Nusantara Power Pastikan ...

MOMENTUM, Tarahan -- PLN Nusantara Power (PLN NP) memastikan selu ...


Denny Ramadhan: “Aksi Korporasi PTPN Group ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Pasca pembentukan Holding pada 2014, PT ...


Optimalisasi Aset Potensial, Menjadi Fokus Ut ...

MOMENTUM, Medan -- Setelah melebur ke dalam Supporting Co, P ...


Telkomsel Luncurkan Layanan eSIM, Pelanggan B ...

MOMENTUM, Jakarta -- Telkomsel meluncurkan layanan Embedded Subsc ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com