Festival Lasqi di Lamteng Diikuti 476 Peserta

Tanggal 15 Nov 2022 - Laporan Arifin. - 576 Views
Bupati Lampung Tengah, Musa Ahmad membuka Festival Lasqi yang diikuti 476 peserta.

MOMENTUM, Gunungsugih -- Lembaga Seni Qasidah Indonesia (Lasqi) Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng) menggelar Festival Qosidah, Bintang Vokalis dan Pop Religi 2022.

Festival yang diikuti 476 peserta itu berlangsung di  Sesat Agung Nuwo Balak, Gunungsugih. Diresmikan Bupati Lamteng, Musa Ahmad pada Selasa (15-11-2022).

Ketua DPD Lasqi Kabupaten Lamteng, Mardiana Musa Ahmad mengatakan, festival tersebut untuk mengembangkan seni budaya bernuansa Islami.

Menurut dia, Festival Lasqi sebagai salah satu bentuk syair dalam rangka penyadaran umat guna kembali kepada ajaran agama Islam. Seperti yang dituntun dalam kitab suci Al-Qur’an.

Festival Lasqi diikuti 476 peserta. Terbagi menjadi 308 orang bintang vokalis dewasa dan remaja masing-masing 56 orang, dan lomba pop religi remaja putra dan putri masing-masing 28 orang.

Bupati Musa Ahmad menyatakan, mengapresiasi dan mendukung Festival Lasqi. “Saya mendukung atas diadakan kegiatan Festival Lasqi Lampung Tengah Tahun 2022,” ungkapnya.

Musa mengatakan, seni qasidah telah menjadi bagian dari budaya masyarakat Kabupaten Lamteng, karena bersifat religius dan terdiri dari nasihat, petuah, pujian dan dan sanjungan terhadap Tuhan, menjadi karakter utama seni tersebut.

“Kegiatan Lasqi ini, perlu diadakan secara periodik utamanya dalam mencari bibit intelektual dibidang keagamaan,” katanya.

Hadir pada pembukaan festival antara lain, Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Lamteng, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Kepala Perangkat Daerah terkait, pengurus Lasqi dan camat se-Lamteng. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Artc Corner, Studio Lukis yang Menawarkan Art ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kabar gembira bagi pecinta seni di Banda ...


Puluhan Grup Nyambai Bertarung di Pesagi Cult ...

MOMENTUM, Liwa -- Puluhan grup nyambai bertarung dalam Pesagi Cul ...


Belasan Grup Ikut Festival Kuda Kepang di Pri ...

MOMENTUM, Pringsewu--Sedikitnya 15 grup kesenian kuda kepang dari ...


Pringsewu Bugekhok Festival Dihelat ...

MOMENTUM, Pringsewu--Pemerintah Kabupaten Pringsewu bersama  ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com