Lamsel Canangkan Gerakan Serentak Tanam Cabai

Tanggal 09 Des 2022 - Laporan Endri Gunawan - 521 Views
Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto canangkan Gerakan Serentak (Gertak) Tanam Cabai Merah di Kecamatan Waysulan.

MOMENTUM, Waysulan -- Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) mencanangkan Gerakan Serentak (Gertak) Tanam Cabai Merah di Desa Talangwaysulan, Kecamatan Waysulan, Kamis (8-12-2022)..

Pencanangan gerakan untuk intervensi inflasi harga pangan di Lamsel itu, dihadiri Bupati Lamsel Nanang Ermanto, dan sejumlah kepala perangkat daerah, dan petani cabai.

Pada kesempatan itu, diserahkan bantuan kepada kelompok petani berupa pompa air, sarana produksi (saprodi) tanaman cabai seperti pupuk, insektisida dan plastik mulsa.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Lamsel, Bibit Purwanto mengatakan kegiatan untuk antisipasi inflasi di daerah melibatkan tiga kelompok tani. Dengan penanaman cabai seluas enam hektare di Kecamatan Waysulan dan Ketapang.

Selain itu, juga dilakukan pengembangan cabai merah dalam polybag. Untuk ini, disalurkan bantuan 6.800 polybag untuk empat kelompok wanita tani (KWT) di 17 kecamatan, jelasnya lagi.

Ia menerangkan, Kecamatan Way Sulan merupakan salah satu sentra tanaman cabe merah keriting di Lampung Selatan. Pada tahun 2017, luas tanam cabai mencapai 153 ha, dengan produksi 17.880 kuintal. Namun seiring waktu dan pandemi covid 19 menyebabkan luas tanah menjadi berkurang.

Pada kesempatan sama, Bupati Nanang Ermanto mengatakan, pemerintah daerah terus berupa menyusun langkah-langkah strategis dalam mencegah dan mengendalikan dampak inflasi di Kabupaten Lampung Selatan diantaranya dengan sinergi dan inovasi menjaga stabilisasi harga dan mewujudkan ketahanan pangan.

“Masalah inflasi merupakan masalah global, untuk mengahadapi inflasi ini butuh kreatifitas termasuk di daerah, setidaknya masyarakat dapat menaman untuk kebutuhan sehari hari seperti cabai, bawang dan lain-lain,” jelas Bupati Nanang dalam sambutannya.

Menurut Nanang, gerakan tanam cabai dengan memanfaatkan lahan atau pekarangan rumah agar masyarakat bisa memenuhi sendiri kebutuhan cabai secara mandiri dan berdampak pada upaya menekan inflasi yang disumbang oleh cabai merah.

“Saya berharap masyarakat, khususnya petani dapat membiasakan yang baik-baik dengan memanfaatkan potensi daerah kita yang kaya dan subur dari hal-hal kecil saja misal menaman cabai di polybag di halaman rumah,” pinta Nanang. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


PTPN IV Regional III Umumkan Pemenang Perform ...

MOMENTUM, Pekanbaru - PTPN IV PalmCo Regional III mengumumkan pem ...


April 2024, Harga Beras dan Cabai Picu Deflas ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sejumlah komoditas pangan memicu deflasi ...


Lampung Craf 2024, Giliran Lampung Timur Jadi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekra ...


SBI Perkuat Fokus Efisiensi dan Inovasi Hadap ...

MOMENTUM, Jakarta--PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (“SBI”) men ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com