Lambar Gelar Refleksi Pembangunan Selama Kepempimpinan Parosil-Mad Hasnurin

Tanggal 10 Des 2022 - Laporan Sulemy Wahyu. - 380 Views
Bupati Lampung Barat Parosil Mabsusu (kiri) dan Wakil Bupati Lambar Mad Hasnurin (kanan).

MOMENTUM, Liwa -- Pemkab Lampung Barat (Lambar) menggelar refleksi pembangunan daerah selama satu periode masa kepemimpinan Bupati Parosil Mabsus dan Wakil Bupati Mad Hasnurin di Lamban Pancasila, Komplek Perkantoran Pemda Lambar pada Kamis malam (8/12/2022).
 
Refleksi pembangunan ini ditujukan untuk mengingat perjalanan dan capaian pembangunan Lambar melalui visi-misi yang digagas Parosil dan Mad Hasnurin (PM), bupati dan wakil bupati Lambar periode 2017-2022. Yakni menjadikan kabupaten Lampung Barat hebat dan sejahtera melalui pitu program serta tiga komitmen yang dicanangkan di masa kepemimpinannya.

Meskipun proses pembangunan Lampung Barat pada masa kepemimpinan PM sempat terhambat akibat wabah pandemi covid-19 selama dua tahun, namun kendala dan hambatan tersebut tidak menyurutkan PM untuk terus maju dan meraih berbagai prestasi selama lima tahun masa kepemimpinannya.

Melalui pitu program dan tiga komitmen yang menjadi program andalannya, pembangunan yang dilakukan PM untuk kabupaten Lampung Barat mencapai titik angka 90 persen.

Tentu, berbagai capaian prestasi tersebut tidak terlepas dari dukungan berbagi pihak, mulai dari jajaran unsur Forkopimda, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh wanita hingga berbagai organisasi dan masyarakat yang terlibat langsung di dalamnya.

Hal itu dikatakan Parosil dalam acara yang disaksikan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Lampung Barat, kepala perangkat daerah, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, pimpinan organisasi dan para awak media.

Di momen tersebut, Parosil yang beberapa hari lagi purna tugas sebagai kepala daerah, dia menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat Lampung Barat, jika selama di masa kepemimpinanya tidak dapat memberi kepuasan dengan apa yang sudah dilakukannya.

Sebab menurutnya, tugas seorang pemimpin bukan hanya ditujukan untuk memberikan kepuasan saja, akan tetapi yang terpenting ialah dapat menjadi solusi dari berbagai macam persoalan dan permasalahan.

Parosil berharap, purna tugas bersama wakilnya Mad Hasnurin nanti dapat selesai dengan keadaan baik. "Mohon doanya, semoga selesainya kami dalam keadaan husnul khotimah, keadaan sehat, aman, tentram dan sejahtera," harapnya.

"Kami ucapkan terima kasih atas kepercayaan seluruh masyarakat menjadikan kami pemimpin selama ini, dan kepercayaan itu kami kembalikan kepada masyarakat, karena dalam hitungan hari kami akan purna tugas," ungkapnya.

Pada acara di malam itu, Parosil menyampaikan pesan khusus kepada masyarakat, agar seluruh hasil pembangunan dan prestasi yang telah diukirnya untuk kabupaten Lampung Barat senantiasa dapat dijaga, dirawat dan dimanfaatkan.

"Ini akan menjadi histori sejarah bagi kami, bahwa kami sudah mengukir untuk kemajuan kabupaten Lampung Barat," ujar Parosil.

Parosil pun berpesan, siapapun nantinya yang akan melanjutkan estafet kepemimpinan di Lampung Barat setelahnya, dirinya meminta agar masyarakat dapat menjunjung dan mendukung demi kemajuan Lampung Barat yang lebih baik.

"Ke depan, siapapun nanti yang ditunjuk menjadi pemimpin, tolong dijunjung dan dibantu untuk kemajuan Kabupaten Lampung Barat," katanya.

Pada acara itu, diawali dengan penayangan vidio teaser perjalanan Bupati dan Wakil Bupati Lampung Barat sejak awal kepemimpinannya hingga purna tugas.

Bersamaan di acara tersebut, Parosil Mabsus sekaligus melakukan penandatanganan prasasti sebagai tanda dirramikannya jembatan "PM" atau jembatan Penyeberangan Masyarakat yang berlokasi di Taman Hamtebiu, Liwa Kecamatan Balikbukit.

Selain itu dilakukan pula penandatanganan kesepakatan bersama antara Pemkab Lampung Barat dengan PT Adimitra Energi Hidro tentang pengembangan dan peningkatan sarana prasarana di objek wisata arung jeram Waybesai yang ditandatangani Parosil Mabsus dan Darwin, Direktur Utama PT Adimitra Energi Hidro.

Tidak hanya itu, Parosil dan Mad Hasnurin menerima penghargaan dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lampung Barat atas dedikasi dalam pembangunan kabupaten Lampung Barat. Penghargaan itu berupa plakat yang diserahkan langsung ketua PWI Lampung Barat, Rifaie Arif kepada Bupati dan Wakil Bupati Lampung Barat.

Kemudian Bupati Parosil dan Wakil Bupati Mad Hasnurin juga menerima buku yang berjudul "Perjalanan Menuju Lampung Barat Hebat" dari Pemkab Lampung Barat yang diserahkan langsung oleh Sekda Lampung Barat, Nukman. Buku tersebut berisi perjalan bupati dan wakil bupati dalam mengimplementasikan pitu program dan tiga komitmen andalan yang dicanangkannya.

Bupati Parosil juga berkesempatan menyerahkan penghargaan kepada lima sekolah peraih Adiwiyata Nasional. Lima sekolah tersebut yakni SDN 1 Purajaya Kecamatan Kebun Tebu, SDN 3 Way Mengaku Kecamatan Balikbukit, MIN 2 Lampung Barat, MIN 3 Lampung Barat dan SMPN Air Hitam Kecamatan Air Hitam. Penghargaan tersebut diterima oleh masing-masing kepala sekolah. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Delapan Pejabat Eselon II di Tanggamus Dimuta ...

MOMENTUM, Tanggamus--Penjabat (Pj) Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan ...


749 Pegawai di Tanggamus Terima SK PPPK ...

MOMENTUM, Tanggamus -- Penjabat (Pj) Bupati Tanggamus Mulyadi Irs ...


FGD DLH Pesibar, Instrumen Lingkungan Harus M ...

MOMENTUM, Krui -- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pesisir ...


Warga Bulukerto Berharap Perbaikan Jembatan G ...

MOMEBTUM, Gadingrejo--Masyarakat Pekon Bulukarto, Kecamatan Gadin ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com