Nukman Dilantik Jadi Pj Bupati Lampung Barat, Ini Pesan Wagub Nunik

Tanggal 18 Des 2022 - Laporan Sulemy Wahyu. - 460 Views
Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim melantik Nukman sebagai Pj Bupati Lampung Barat dan Qodratul Ikhwan jadi Pj Bupati Tulangbawang.

MOMENTUM, Bandarlampung -- Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim atau Nunik melantik Sekda Lampung Barat Nukman sebagai Penjabat (Pj) Bupati Lampung Barat (Lambar).

Bersamaan dengan itu, Nunik juga melantik Asisten Bidang Pemerintah dan Kesra Lampung, Qodratul Ikhwan menjadi Pj Bupati Tulangbawang.

Pelantikan berlangsung di Balai Keratun Komplek Kantor Pemprov Lampung di Bandarlampung, Ahad 18 Desember 2022.

Pelantikan kedua penjabat bupati tersebut untuk mengisi kekosongan jabatan dengan berakhirnya masa jabatan bupati definitif periode 2017-2022.

Nukman dilantik menjadi Pj Bupati Lambar berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri (Kemendagri) No : 100.2.1.3-6269 tahun 2022 tanggal 12 Desember 2022 tentang Pengangkatan Penjabat serta Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Bupati Lambar.

Dalam sambutannya, Nunik mengatakan dinamika pergantian kepala daerah harus disikapi dengan bijak dengan tetap menjaga stabilitas dan kondisi daerah, penguatan konslidasi internal maupun eksternal, institusi pemerintah di daerah, pelayanan publik serta menyelesaikan target pembangunan yang telah direncanakan.

Karena, menurut dia, perkembangan Kabupaten Lambar selama ini merupakan buah karya kerja keras Bupati Parosil Mabsus dan Wakilnya Mad Hasnurin yang telah purna tugas pada 11 Desember 2022 lalu.

Nunik mengapresiasi kinerja Parosil dan Mad Hasnurin yang selama lima tahun memajukan Lampung Barat.

"Untuk Pj Bupati Lambar yang baru saja dilantik, saya minta segera menyesuaikan diri, mengambil langkah-langkah yang diperlukan guna melanjutkan tata  kelola kepemerintahan sesuai dengan peraturan yang berlaku sesuai dengan tugas dan pungsi saudara," pintanya.

Selain itu, Nukman juga diminta menjalin kerja sama dengan pihak terkait guna melanjutkan program yang telah disusun dengan mengedepankan prinsip akuntabilitas, keterbukaan,  partisipatif, efektif serta berpihak dengan kepentingan masyarakat.

Menurut dia, salah satu tugas Pj Bupati yakni memfasilitasi pelaksanaan pemilu, pilkada tingkat kabupaten tahun 2024 mendatang serta menjaga netralitas aparatur sipil negara.

"Pj. Bupati yang baru saja di lantik ini tugasnya istimewa akan melewati masa-masa yang tidak mudah terutama pemilu bersamaan dengan pilpres serta pilkada serentak," sebut Wagub

"Hal tersebut merupakan pengalaman pertama kalinya untuk Indonesia, maka dari itu tugasnya tidak mudah terutama mengenai ketertiban dan keamanan," sambungnya.

Turut hadir, anggota DPR-RI Mukhlis Basri, Wakapolres Lambar Kompol Robi B Wicaksono, Ketua DPRD Lambar Edi Novial, asisten, staf ahli bupati dan para camat. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Pemprov Gelar Halal Bihalal Bersama Kabupaten ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung me ...


Angka Stunting di Tiga Kabupaten Masih Tinggi ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Angka stunting di tiga kabupaten masih c ...


Terkesan Mandek, Panitia Pemekaran DOB Natara ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Panitia Persiapan Daerah Otonomi Baru (D ...


Lepas Kirab Marching Band, Gubernur: Berkreas ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Gubernur Lampung Dr (HC) Ir. Arinal Djun ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com