Adi Erlansyah Luncurkan Naskah Arsip dan Video 13 Tahun Pringsewu Membangun

Tanggal 26 Des 2022 - Laporan Sulistiyo - 387 Views
Peluncuran Naskah Arisp dan Video 13 Tahun Pringsewu Membangun

MOMENTUM, Pringsewu--Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKP) Kabupaten  Pringsewu meluncurkan Naskah Sumber Arsip dan Video Dokumen 13 Tahun Pringsewu Membangun. Peluncuran dilakukan Penjabat Bupati Adi Erlansyah di Hotel Urban, Pringsewu, Senin (26-12-2022).

Pj Bupati Pringsewu  Adi Erlansyah menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh tokoh, elemen masyarakat  yang telah berkontribusi dalam upaya penataan dokumen bersejarah tersebut.

"Naskah sumber arsip disusun dan dibuat untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses dokumen arsip penting, khususnya yang terkait dengan sejarah pembentukan dan pembangunan Kabupaten Pringsewu yang valid," kata pj  bupati.  

Sejalan dengan semakin pesatnya perkembangan era digitalisasi, arsip tidak hanya disajikan dalam bentuk dokumen konvensional. Namun juga dalam bentuk  video dokumenter dengan tujuan agar lebih menarik disimak oleh generasi di era milenial.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Pringsewu Yanwir HK menjelaskan, penyusunan naskah  dan video tersebut sebagai upaya  penyelamatan arsip sejarah kabupaten setempat.

"Naskah dan video ini disusun berdasarkan sumber-sumber yang valid, antara lain: dokumen kegiatan kegiatan organisasi perangkat daerah, dokumen P3KP Pringsewu, dokumen pribadi dari Gembong Sumardiyono dan Bernaditus Putro Zardani," ungkapnya.

Meski demikian, lanjut dia, naskah arsip tersebut belum dapat diedarkan untuk umum karena masih menunggu  penomoran Indeks Internasional Standard Book Number (ISBN) yang diproses Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

"Nanti setelah proses selesai,  maka naskah arsip dan video ini akan kami distribusikan untuk umum dan dapat diakses di Perpustakaan Digital Kabupaten Pringsewu," jelasnya. (**)

Editor: Munizar


Comment

Berita Terkait


Pemprov Lampung Silaturahmi dengan Pangdam II ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Pemerintah Provinsi Lampung menggelar ...


Transaksi e-Katalog di Lampung Tembus Rp826,7 ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Jumlah transaksi katalog elektronik (e-k ...


Penjabat Bupati Pringsewu Berkunjung ke Rumah ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Penjabat Bupati Pringsewu, Marindo Kurniaw ...


Baturaja Bangun Sejumlah Infrastruktur dengan ...

MOMENTUM, Kotabumi--Pemerintah Desa Baturaja Kecamatan Sungkai Ut ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com