Hadapi Dampak Inflasi, Pemkab Mesuji Salurkan Bantuan Pertanian

Tanggal 26 Des 2022 - Laporan Arifin. - 348 Views
Penjabat Bupati Mesuji Sulpakar secara simbolis menyerahkan bantuan bibit cabai dan anak ayam umur sehari (DOC) untuk tanggulangi dampak inflasi.

MOMENTUM, Tanjungraya -- Pemerintah Kabupaten Mesuji memberikan bantuan 70 ribu bibit cabai dan 4.400 ekor anak ayam kepada kelompok tani di tujuh kecamatan.

Bantuan untuk penanggulangan dampak inflasi di daerah itu, secara simbolis diserahkan Penjabat Bupati Mesuji Sulpakar di Desa Muaratenang, Kecamatan Tanjungraya, Mesuji, Senin 26 Desember 2022.

"Bibit cabai yang diberikan lengkap dengan polybak dan pupuk organik untuk tujuh gabungan kelompok tani (gapoktan) di tujuh kecamatan," katanya.

"Kepada para penerima bantuan, saya ingatkan agar sarana yang telah diberikan dimanfaatkan dan dijaga dengan baik. Ini amanat dari pemerintah sebagai wujud kepedulian untuk kemajuan sektor pertanian di Mesuji," terang Sulpakar.

"Dari apa yang saya amati, masyarakat Mesuji merupakan masyarakat yang rajin dan mandiri. Kejelian memanfaatkan pekarangan untuk ditanami berbagai kebutuhan pokok, menjadikan masyarakat memiliki ketahanan yang baik dalam hal pemenuhan kebutuhan pangannya," lanjutnya.

Disebutkan, bantuan bibit cabai terdiri dari 35 ribu batang cabai besar dibagikan kepada tujuh gapoktan di tujuh kecamatan. Kemudian 35 ribu batang cabai kecil, 2.800 Kg polybag dan 70 ribu Kg pupuk organik untuk gapoktan Desa Muaratenang, Tanjungraya, Gapoktan Tanjungmasrejo, Kecamatan Mesuji Timur.

Selanjutnya gapoktan Desa Bumiharapan Kecamatan Wayserdang, gapoktan Desa Jayasakti, Kecamatan Simpangpematang, gapoktan Desa Adiluhur, Kecamatan Pancajaya, gapoktan Desa Wiralagamulya, Kecamatan Mesuji dan gapoktan Desa Panggungjaya, Kecamatan Rawajitu Utara.

Sementara bantuan anak ayam kampung umur sehari (DOC atau day old chick), sebanyak 4.400 ekor ayam dan 4.400 Kg pakan dan delapan unit kandang pemanas diberikan kepada empat  kelompok tani (poktan). Yakni, poktan Desa Wonosari, Kecamatan Mesuji Timur, poktan Desa Bujungburing, Tanjungraya, Poktan Desa Labuhanbaru, Kecamatan Wayserdang dan Poktan Desa Mulyasari, Kecamatan Mesuji.

Pada kesempatan tersebut, diserahkan dua unit combine harvester dari Kementerian Pertanian RI untuk Gapoktan Tani Peta Anjanes Desa Sungaibadak dan Gapoktan Tunggaljaya Desa Tanjung Masjaya. (*)

Keterangan foto : Penjabat Bupati Mesuji Sulpakar saat memberikan bantuan kepetani diaula Desa Muara Tenang, Kecamatan Tanjungraya, Kabupaten Mesuji.



Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


PTPN IV Regional III Umumkan Pemenang Perform ...

MOMENTUM, Pekanbaru - PTPN IV PalmCo Regional III mengumumkan pem ...


April 2024, Harga Beras dan Cabai Picu Deflas ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sejumlah komoditas pangan memicu deflasi ...


Lampung Craf 2024, Giliran Lampung Timur Jadi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekra ...


SBI Perkuat Fokus Efisiensi dan Inovasi Hadap ...

MOMENTUM, Jakarta--PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (“SBI”) men ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com