Ribuan Calon PPS Ikuti Tes Tertulis di Pesawaran

Tanggal 09 Jan 2023 - Laporan Rifat Arif - 387 Views
Pelaksanaan tes tertulis PPS di Gedung Graha Adora, Desa Kurungannyawa, Kecamatan Gedongtataan.

MOMENTUM, Gedongtataan-- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesawaran, menggelar tes tertulis kepada ribuan calon panitia pemungutan suara (PPS) sekabupaten setempat. 

Komisioner KPU Kabupaten Pesawaran Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat Murniati Indah Permatasari mengatakan, hari ini pihaknya melakukan tes tertulis kepada 1.299 peserta. 

"Kami menggelar tes ini yang diikuti oleh seluruh peserta yang ada di sebelas kecamatan, dan kita jadikan di satu tempat di Gedung Adora Desa Kurungannyawa Kecamatan Gedongtataan, dan kita melakukan cuma satu hari di bagi menjadi dua sesi, sesi pertama di mulai 09:45 wib sampai 11:15 wib, kemudian sesi kedua 13:00 sampai 14 :30 wib," katanya, Senin (9-1-2023).

Indah mengatakan, pihak KPU telah menggandeng universitas lampung (Unila) untuk mengkoreksi hasil tes tertulis dan langsung merengkingkan peserta yang lolos ketahapan selanjutnya. 

"Jadi kami menggandeng pihak ketiga untuk mengkoreksi hasil dari tes ini, setelah rampung di koreksi dan disusun peringkat hasilnya akan disampaikan kepada kami dan akan kita tempel di kantor KPU. Setelah itu mereka yang lolos akan mengikuti tahap selanjutnya yaitu tes wawancara," ujar dia. 

Menurutnya, pada tes tertulis ini peserta yang akan diambil tergantung pendaftar yang ada di masing-masing desa, minimal tiga peserta maksimal sembilan. 

"Contoh, kalau di desa itu terdapat tujuh peserta ya semuanya itu akan kita masukan kedalam tahap selanjutnya, namun kalau satu desa pesertanya lebih dari 9 orang, hasil tes tertulis ini yang nantinya akan menentukan 9 peserta yang akan mengikuti tes wawancara," kata dia. 

"Nantinya, setiap desa ini hanya terdapat 3 orang yang bertugas di PPS, jadi dari ribuan yang mengikuti tes tertulis yang akan dilantik hanya 444 PPS untuk 148 desa," tutur dia.(**)

Editor: Agus Setyawan


Comment

Berita Terkait


Rahmat Bagja Resmikan Kantor Bawaslu Bandarla ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Baw ...


Pilbup Tulangbawang, Ismet Roni Pinang Empat ...

MOMENTUM, Tulangbawang--Bakal calon Bupati Kabupaten Tulangbawang ...


Serius Nyalon Walikota, Mantan Kadiskes Lampu ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Mantan Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) ...


Mirzani Djausal Lamar Rekom Cagub di Demokrat ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Bakal calon gubernur Lampung Rahmat Mirz ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com