933 PPS Lampung Tengah Dilantik, Ketua KPU: PPS Bertugas Rekrut Petugas Coklit

Tanggal 24 Jan 2023 - Laporan Agus Setiawan. - 113 Views
Pelantikan dan pengambilan sumpah anggota PPS Lampung Tengah.

MOMENTUM, Kotagajah – Ketua Komisi Pemilhan Umum (KPU) Lampung Tengah (Lamteng) Irawan Indra Jaya melantik dan mengambil sumpah terhadap 933 anggota panitia pemungutan suara (PPS) se-Lamteng, Selasa 24 Januari 2023.

Pelantikan dan pengambilan sumpah berlangsung di Lapangan Merdeka, Kotagajah, Dihadiri Bupati Lamteng Musa Ahmad, komisioner KPU Provinsi Lampung Titik Sutriningsih, serta seluruh komisioner dan staf KPU Lamteng.

Ketua KPU Lamteng Irawan Indra Jaya mengungkapkan, bahwa pelantikan anggota PPS yang dilakukan tersebut dilaksanakan serentak di 514 kabupaten/kota se-Indonesia.

“Dari 311 kampung dan kelurahan terdiri dari 933 anggota yang kita lantik plus 140 PPK yang mendampingi mereka hari ini. Selain melantik dan kita juga sekaligus menggelar pasukan dan apel bersama,” ungkapnya.

Dalam pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan digelar serentak pada 2024 medatang, kata Irawan, PPS memiliki wewenang untuk mencari (merekrut) petugas pencocokan dan penelitian (coklit) yang akan bertugas untuk pendaftaran pemilih (pantarlih) melalui aplikasi android.

“Android merupakan kebutuhan, karena nantinya data para pemilih akan masuk dalam aplikasi. Jadi memang diharapkan bahwa mereka punya android. Namun kita tetap menggunakan sistem manual. Maka dari itu kita harapkan PPS dimasing-masing kecamatan dan kampung segera membentuk skretariatan,” tamnahnya.

Ia berharap anggota PPS yang dilantik merupakan orang-orang yang memiliki integritas serta dapat melaksanakan pekerjaan sesuai dengan regulasi yang ada.

“Dan jika ada hal-hal yang mereka belum ketahui, mereka bisa bertanya langsung ke PPK ataupun ke KPU. Yang terpenting mereka tidak menyalahi wewenang dalam menjalani tugasnya,” tukasnya.

Diakhir kegiatan, Bupati Lamteng Musa Ahmad didampingi Ketua KPU Lamteng dan anggota KPU Lampung beserta jajaran melakukan pelepasan balon ke udara sebagai tanda telah dilantiknya seluruh anggota PPS se-Lamteng. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Ganjarist Lampung Gelar Pesta Rakyat dan Kuku ...

MOMENTUM, Natar -- Relawan Ganjar Pranowo yang menamakan diri Gan ...


Mirip Logo Kementan, Gambar Ini Terpampang di ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Gambar mirip Logo Kementerian Pertanian ...


Siap Gelar Rakerda, Gerindra Lampung Fokus Pe ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Partai Gerindra Lampung siap melaksanaka ...


Soal Larangan Guru Isi Sekretariat Penyelengg ...

MOMENTUM, Kotaagung--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanggamus mela ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com