Bupati Lamsel Minta Aparat Desa Berinovasi

Tanggal 01 Feb 2023 - Laporan Endri - 309 Views
Bupati Lamsel Nanang Ermanto (dua dari kanan) membuka Musrenbang Kecamatan Palas

MOMENTUM, Palas--Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto meminta agar Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) dapat dimanfaatkan untuk mengoptimalkan pengembangan potensi Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM).

Hal itu disampaikan Nanang Ermanto saat membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Palas yang berlangsung di Lapangan Desa Baliagung, Rabu (1-2-2023).

“Anggaran dana desa harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk berinovasi membangkitkan pertumbuhan ekonomi. Gali potensi yang ada, seluruh kepala desa kumpul, solusi pembiayaannya gimana? Kita ada pihak ketiga, misalnya Bank Lampung untuk pembiayaannya,” kata Nanang.

Menutur Nanang, dalam mengembangkan potensi desa diperlukan kreativitas dan inovasi dari seluruh pemangku kepentingan. Mulai dari pemerintahan desa,  kecamatan dan pemerintah kabupaten, serta didukung oleh para pelaku usaha.

Karena itu, sinergitas yang baik menjadi poin utama yang harus terus ditingkatkan. Dengan begitu, diharapkan pembangunan yang akan dilaksanakan sesuai dan sejalan dengan program pusat serta mampu membangkitkan perekonomian masyarakat.

“Kreativitas inovasi ini sangat dibutuhkan. Kita tidak bisa untuk terus-menerus mengandalkan bantuan dari pusat dan pemerintah daerah,” tegasnya. 

Camat Palas Ns Rosalina pada kesempatan itu memaparkan gambaran umum kecamatan setempat. Luas wilayah Kecamatan Palas, kata dia, mencapai 3,56 Km² yang di dominasi daerah pertanian, terutama pada sektor persawahan dan minim wisata alam.

Walau begitu, Kecamatan Palas tetap berinovasi dengan mengoptimalkan potensi wisata buatan, serta memanfaatkan lahan sawah sebagai salah satu objek wisata guna mendorong peningkatan ekonomi masyarakat.

“Kecamatan Palas potensinya persawahan, tapi kami juga ingin persawahan itu menjadi potensi yang luar biasa dan bisa juga mengangkat ekonomi melalui wisata. Jadi kami ada agrowisata minat padi di sawah, perpaduan pertanian dan perikanan,” paparnya. (**)

Editor: Munizar


Comment

Berita Terkait


BNPB Diminta Segera Tangani Masalah Banjir di ...

MOMENTUM, Mesuji -- Pemerintah Kabupaten Mesuji meminta Badan Nas ...


Kabupaten Mesuji Kembali Meraih WTP dari BPK ...

MOMENTUM, Mesuji -- Kabupaten Mesuji bersama 10 kabupaten/kota se ...


Gubernur Lampung Tandatangani Kesepakatan den ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menan ...


Delapan Pejabat Eselon II di Tanggamus Dimuta ...

MOMENTUM, Tanggamus--Penjabat (Pj) Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com