Bawaslu Tulangbawang Siap Kawal Pemilu 2024

Tanggal 14 Feb 2023 - Laporan Abdul Rohman - 456 Views
Apel siaga pengawasan satu tahun menuju Pemilu 2024.

MOMENTUM, Menggala--Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Tulangbawang siap mengawal pelaksanaan Pemilu 2024.

"Ini langkah awal kita bahwa Bawaslu memastikan pemilu 2024 berjalan dengan bersih jujur dan adil serta kita melihat bagaimana partisipasi masyarakat dalam mengedukasi masyarakat menjaga nilai-nilai politik lokal," kata Komisioner Divisi Pencegahan dan Partisipasi Masyarakat Bawaslu Provinsi Lampung, Karno Ahmad Satarya, saat apel siaga pengawasan satu tahun menuju Pemilu 2024, di Menggala, Selasa (14-2-2023).

Karno mengatakan, bahwa apel siaga ini dilaksanakan oleh Bawaslu seluruh Indonesia sebagai kesiapan Bawaslu mengawal proses demokrasi, sekaligus meresmikan hadirnya posko pengaduan tahapan pemilu dan meluncurkan aplikasi jarimu awasi pemilu.

Bawaslu sebagai struktur pemilu tidak bisa mengawal semua tahapan pemilu karena dalam satu desa hanya ada satu pengawas, sehingga dibutuhkan kerjasama semua pihak  agar semua tahapan pemilu bersih, jujur dan adil.

"Jika adanya indikasi politik uang itu salah satu kejahatan yang harus diketahui masyarakat, namun Bawaslu tetap memaksimalkan pencegahan agar pemilu berjalan tidak berdasarkan politik uang tapi sesuai dengan program visi misi kita," ujar Karno.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Tulangbawang, A.Rachmat Lihusni, mengatakan, apel siaga ini dilaksanakan seluruh Indonesia sebagai kesiapan Bawaslu mengawal proses demokrasi, sekaligus meresmikan hadirnya posko pengaduan tahapan sekaligus peluncuran aplikasi jarimu awasi pemilu.

"Kami berharap semua proses pemilu dapat berjalan dengan baik, sehingga apa yang diharapkan oleh masyarakat, terutama masyarakat Tulang Bawang pemilu bersih, jujur dan adil dapat terlaksana dengan baik. Kepada semua anggota Panwaslu baik tingkat Kecamatan maupun Kampung, agar dapat melaksanakan tugasnya sesuai dengan aturan serta bertanggungjawab," tegas Rachmat.(**)

Editor: Agus Setyawan


Comment

Berita Terkait


Seorang Pengusaha di Metro Siap Maju Pilwakot ...

MOMENTUM, Metro--Rudi Hartono, seorang pengusaha di Bumi Sai Wawa ...


Pilkada 2024: PDIP dan PAN Buka Penjaringan, ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sejumlah partai politik (parpol) di Lamp ...


Kostiana Siap Ikut Penjaringan Calon Walikota ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Bendahara Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PD ...


Pilkada 2024, Golkar Tak Buka Pendaftaran Bak ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Partai Golkar Lampung tidak membuka pend ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com