Sektor Pertanian Sumbang PDRB Terbesar di Kabupaten Pringsewu

Tanggal 02 Mar 2023 - Laporan Joko Sulistyo. - 377 Views
Dinas Pertanian Kabupaten Pringsewu gelar Sosialisasi Data Statistik Pertanian Kabupaten Pringsewu, di Hotel Regency Gadingrejo.

MOMENTM, Pringsewu -- Sektor pertanian penyumbang terbesar atau sekitar 23,92 persen terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Pringsewu.

Sektor pertanian paling dominan menunjang laju pertumbuhan perekonomian di Kabupaten Pringsewu, kata Asisten Bidang Ekbang Setdakab Pringsewu Maskur Hasan saat membuka Sosialisasi Data Statistik Pertanian Kabupaten Pringsewu di Gadingrejo, Kamis (2/3/2023).

Digelar oleh Dinas Pertanian Pringsewu, kegiatan itu diikuti sekitar 50 peserta dari unsur UPT pertanian kecamatan, PPL dan dinas terkait. Dihadiri Kadis Pertanian Litawati dan  Sekretaris Maryanto.

Maskur Hasan menuturkan, pada  2023 ini akan diadakan sensus pertanian oleh Badan Pusat Statistik (BPS) dalam upaya pengumpulan data pertanian.

Hal ini memerlukan sinergi stakeholder terkait baik dari pertanian, sumber daya penyuluh dan pihak-pihak terkait lainnya. Sehingga percepatan pembangunan di Kabupaten Pringsewu dapat dimulai dari aspek penyediaan data bagi penduduk Kabupaten Pringsewu, katanya.

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Pringsewu melalui Dinas Pertanian Kabupaten Pringsewu sangat mendukung upaya untuk meningkatkan kualitas data guna mewujudkan satu data.

"Selanjutnya data-data pertanian tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan sebaik mungkin, guna proses perencanan pembangunan baik jangka menengah maupun jangka panjang. Karena sebuah perencanaan sangat berpengaruh terhadap tujuan yang kita harapkan,"ujarnya.

Maskur Hasan berharap, Dinas Pertanian Pringsewu meningkatkan capaian kinerjanya agar dapat meningkatkan efektifitas kerja dan produktifitas hasil pertanian secara berkelanjutan. Dengan demikian, meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya para petani.

"Saya juga mengajak kepada seluruh masyarakat Kabupaten Pringsewu guna menciptakan basis data yang akurat untuk meningkatkan capaian kinerja Pemerintah Kabupaten Pringsewu kedepan yang lebih baik lagi,"pintanya. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


World Cleanup Day 2024, Pemprov Lampung Libat ...

Aksi bersih lingkungan World Cleanup Day 2024 di PKOR Wayhalim, B ...


Wakili Kemenag Lampung, Alifah Juarai Kompeti ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Utusan Kantor Wilayah Kementerian Agama ...


Marindo Minta Pers Jaga Netralitas dan Transp ...

MOMENTUM, Pringsewu--Penajbat (Pj) Bupati Pringsewu Marindo Kurni ...


Lagi, Pejabat Pemprov Dilantik Diam-Diam ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Empat pejabat eselon III di lingkungan P ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com