Atasi Kelangkaan Pupuk, Petani Lamsel Dilatih Pembiakan Trichoderma

Tanggal 15 Mar 2023 - Laporan Endri - 345 Views
Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto membuka pelatihan Tematik Trichoderma

MOMENTUM, Palas--Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) menggelar Pelatihan Tematik Trichoderma kepada Gabungan Kelompok Tani dan Petani Milenial.

Kegiatan yang berlangsung di Balai Desa Bandanhurip, Kecamatan Palas itu, dibuka langsung Bupati Lamsel Nanang Ermanto, Rabu (15-3-2023).

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Lamsel Bibit Purwanto mengatakan,  pelatihan tersebut untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) pada sektor pertanian.

Dia menjelaskan, trichoderma merupakan salah satu jenis pupuk organik yang berbentuk jamur yang semakin banyak dikembangbiakan. Salah satu manfaat trichoderma untuk  memperbaiki struktur dan keseburan tanah.

“Trichoderma ini sebagai pupuk alternatif untuk  meningkatkan kesuburan tanah, sekaligus mengatasi kelangkaan pupuk," kata Bibit.

Pelatihan itu juga sebagai tindak lanjut dari Peraturan Menteri Pertanian Nomor: 10 Tahun 2022 tentang Tata Cara Penetapan Alokasi dan Harga Eceran Tertinggi Pupuk Bersubsidi.

Sebelumnya, Bupati Lamsel Nanang Ermanto mengatakan, pelatihan tersebut merupakan momentum mengatasi permasalahan kelangkaan pupuk. 

“Ini momen yang sangat penting. Saya sangat mengapresiasi adanya pelatihan tematik ini. Tematik ini s adalah pendekatan dan pembelajaran kepada alam. Ini juga menjadi solusi untuk mengatasi masalah kelangkaan pupuk," kata Nanang.  

Dia menyebut, kebutuhan pupuk bersubsidi di Lamsel dari tahun ke tahun terus meningkat. Kebutuhan tersebut seringkali tidak sebanding dengan kuota yang disalurkan pemerintah. Karena itu, pelatihan tersebut bisa menjadi solusi memenuhi kebutuhan pupuk para petani.

"Pupuk trichoderma sudah pasti ramah lingkungan, kita juga bisa membuatnya sendiri. Sehingga nantinya, petani tidak lagi terlalu bergantung dengan pupuk kimia yang justru kurang baik untuk kesuburan tanah, jika digunakan terus-menerus dalam jangka waktu yang lama," terangnya. (**) 


Editor: Munizar


Comment

Berita Terkait


Terkesan Mandek, Panitia Pemekaran DOB Natara ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Panitia Persiapan Daerah Otonomi Baru (D ...


Lepas Kirab Marching Band, Gubernur: Berkreas ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Gubernur Lampung Dr (HC) Ir. Arinal Djun ...


Galang Dukungan Persiapan Pemekaran Kabupaten ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Panitia Persiapan Pemekaran Daerah Otono ...


Pringsewu Mulai Terapkan TP2DD ...

MOMENTUM, Pringsewu--Pemerintahan Kabupaten Pringsewu mulai mener ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com