Enam Korban Longsor di Waykanan Ditemukan, Kapolres Apresiasi Semua Pihak

Tanggal 16 Mar 2023 - Laporan Novita Sari - 342 Views
Evakuasi jasad korban terakhir tanah longsor di Kabupaten Waykanan.

MOMENTUM, Waykanan--Upaya Polres Waykanan bersama Tim SAR gabungan menemukan kembali korban terakhir tanah longsor yang terjadi di Dusun Cempedak, Kampung Jukubatu, Kecamatan Banjit, Kamis (16-3-2023).

Adapun Korban terakhir yang berhasil ditemukan adalah Anuar (80) warga Dusun Bendungan, Kampung  Rantau Temiang Kecamatan Banjit Kabuapten Waykanan.

Korban hilang sejak 9 Maret 2023 di Dusun 9 Cempedak Kampung Jukubutu Kecamatan Banjit Kabupaten Waykanan.

Kapolres Waykanan AKBP Teddy Rachesna mengucapkan terima kasih  atas sinergi dan perhatiannya Bupati Raden Adipati Surya, Dandim 0427 bersama BPBD kabupaten setempat, Forkopicam Banjit, aparat Kakam, Basarnas, tim Kesehatannya dan semua pihak dalam kinerja yang luar biasa tanpa henti untuk tidak mundur kehilangan harapan dalam pencarian korban.

Tim evakuasi dan masyarakat sekitar Kampung Jukubatu Kecamatan Banjit melalui Kakam M Khoirin juga mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada bapak Kapolda Lampung Irjen Pol Akhmad Wiyagus atas perhatiannya kepada keluarga korban dan tim Pencarian melalui pendirian dapur umum serta pemberian tali asihnya.

Dia mengatakan, setelah delapan hari pencarian menuai kendala karena tidak adanya saksi, pada Kamis 16 Maret 2023 sekitar pukul 07.00 WIB pihak keluarga korban berinisiatif mencari korban menyusuri Sungai Lukap Dusun 9 Cempedak Jaya Kampung Jukubatu, Banjit. 

Akhirnya setelah berjibaku melakukan proses pencarian dari titik hilangnya korban pada Kamis (16-3) pagi pukul 08.00 tadi, korban terakhir bisa ditemukan tersangkut di batu di tengah Sungai Lukap yang berjarak sekitar 1 Km dari TKP longsor dalam keadaan meninggal.

"Saat ini korban telah dibawa kekediaman rumah duka di Dusun Bendungan, Kampung Rantautemiang, Banjit untuk disemayamkan. Pihak keluarga menerima dan mengikhlaskan,"  Imbuh Kapolres.

Sebelumnya, empat korban bencana alam tanah longsor yang sudah berhasil ditemukan pertama ialah Ngadiyanto (65) warga Kampung  Sumbersari, Banjit, Waykanan (ditemukan pada Jumat 10 Maret 2023). 

Kedua, Siran (62) warga Kampung Sumbersari, Banjit, Waykanan (ditemukan oleh Tim pada Minggu, 12 Maret 2023 sekitar pukul 13.30 WIB).

Ketiga, Khotimah (31) bersama anaknya M Diki Saputra (4) warga Pekon/desa Tanjungraya Kecamatan Waytenong Kabupaten Lampung Barat (ditemukan oleh Tim pada hari Rabu, 15 Maret 2023 sekitar pukul 12.45 WIB).

Selanjutnya seorang korban tenggelam hanyut yakni Cahaya Saputra (21) warga Dusun 6 Kampung Bandar Agung, Banjit, Waykanan (ditemukan Jumat 10 Maret 2023).

"Terakhir korban Anuar ditemukan hari ini. Jadi total ada 6 korban baik akibat bencana alam tanah  longsor maupun tenggelam hanyut telah ditemukan semua,” ungkap Teddy.(**)

Editor: Agus Setyawan


Comment

Berita Terkait


Diduga Saling Ejek di Instagram, Tawuran Tewa ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Aksi tawuran melibatkan dua kelompok rem ...


Niat Hati Kuasai Tanah Pasar, Kakam Bandarsar ...

MOMENTUM, Lampung Tengah--Persoalan kepemilikan tanah menjadi per ...


Sengketa Lahan PTPN VII dan PT BMM, PN Kotabu ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Pengadilan Negeri Kotabumi melaksanakan sid ...


Menantu Eks Bupati Lampung Utara Jadi Tersang ...

MOMENTUM, Kotabumi--Inspektur Lampung Utara, Muhammad Erwinsyah a ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com